IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MAGIC BOOK
(1) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi
(2) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi
(3) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
Corresponding Author
Abstract
References
M. A. Fauzan and D. Rahdiyanta, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Teori Pemesinan Frais,†J. Din. Vokasional Tek. Mesin, vol. 2, no. 2, pp. 82–88, 2017.
I. Efendi and S. Annisa, “Penerapan Media Pembelajaran Game Berbasis Android Untuk Pengenalan Abjad (Studi Kasus: TK Aisyiyah 2 Kec. Pinggir),†J. Jar. Sist. Inf. Robot., vol. 2, no. 2, pp. 137–145, 2018.
A. R. Nursifa, A. Orinda, and S. S. Pritanti, “Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Cinere,†J. CoreIT, vol. 3, no. 1, pp. 9–13, 2017.
N. Yuniasih, R. N. Aini, and R. Widowati, “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang,†J. Inspirasi Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 85–94, 2018.
A. N. Panindias, “Keris Magic Book Sebagai Pengenalan Keris Kepada Remaja,†Ornamen, vol. 11, no. 2, pp. 165–173, 2014.
R. Kurnia, A. Huda, and N. Dwiyani, “Pengembangan Media Interaktif Magicbook Berbasis Augmented Reality Android pada Mata Diklat Menerapkan Fungsi Periferal dan Instalasi PC,†Voteteknika, vol. 3, no. 1, pp. 29–38, 2015.
M. Afdal, M. Irsyad, and F. Yanto, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Lapisan Permukaan Bumi Berbasis 3D,†J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2018.
S. Adam, A. S. M. Lumenta, and J. R. Robot, “Implementasi Teknologi Augmented Reality pada Agen Penjualan Rumah,†J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 3, no. 5, pp. 19–25, 2014.
I. Mustaqim and N. Kurniawan, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality,†J. Edukasi Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 36–48, 2017.
M. E. Apriyani, M. Huda, and S. Prasetyaningsih, “Analisis Penggunaan Marker Tracking Pada Augmented Reality Huruf Hijaiyah,†J. Infotel, vol. 8, no. 1, pp. 71–77, 2016.
A. Utami and F. Nadziroh, “Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Visualisasi Ibadah Umrah Menggunakan Metode Marker Based Tracking pada Android,†Inf. J. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 4, no. 1, pp. 15–20, 2019.
R. Efendi, E. P. Purwandari, and M. A. Aziz, “Aplikasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Marker Augmented Reality pada Platform Android,†J. Pseudocode, vol. 2, no. 2, pp. 124–134, 2015.
A. Suharso and M. Muhaimin, “Media Belajar Kerangka Manusia 3D Berbasis Magicbook Augmented Reality (AR) (Studi Kasus SMPN 1 Kota Baru),†Syntax J. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 1–15, 2016.
A. Suharso and A. A. Pramana, “Media Pembelajaran Perangkat Keras Jaringan Komputer Berbasis Magic Book Augmented Reality,†Syntax J. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 106–127, 2016.
M. F. Rayda, E. V. Haryanto, and A. Seiawan, “Implementasi Augmented Reality Pada Hardware Komputer Berbasis Android,†IT J., vol. 5, no. 2, pp. 09–117, 2017.
Santoso, A. Muqtadir, and D. K. Basuki, “Aplikasi Pengenalan Hardware Perangkat Keras Berbasis Android Dengan Teknologi Augmented Reality,†in Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2018, pp. 403–407.
D. N. A. E. Phon, M. H. A. Rahman, M. H. A. Rahman, and M. B. B. Ali, “The Effect of Augmented Reality on Spatial Visualization Ability of Elementary School Student,†nternational J. Adv. Sci. Eng. Inf. Technol., vol. 9, no. 2, pp. 624–629, 2019.
M. Irsyad, T. Abas, and Ana, “Perancangan Media Video Tutorial Kerajinan Kruistik Untuk Peserta Didik SMP Terbuka Lembang 3,†J. Fam., vol. 4, no. 2, pp. 93–102, 2018.
N. Tambunan and L. Tambunan, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Daring Mahasiswa Manajemen Komputer AMIK Mitra Gama Riau,†J. Jar. Sist. Inf. Robot., vol. 5, no. 2, pp. 53 – 58, 2021.
M. R. Meta, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran KKPI SMKN 3 Padang,†J. Sains dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 17–21, 2017.
Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,†JOIN (Jurnal Online Inform., vol. 2, no. 2, pp. 121–126, 2017.
H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka,†JCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 26–31, 2018.
I. Chani and N. Dwiyani, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X SMK,†Voteteknika, vol. 7, no. 1, pp. 32–37, 2019.
N. J. Wardhana, I. K. R. Arthana, and D. G. H. Divayana, “Pengembangan Aplikasi Virtual Reality 3D Pengenalan Manusia Purba Bangsa Indonesia Untuk SMA Kelas X (Studi Kasus SMA Negeri 2 Singaraja),†J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 109–118, 2019.
Article Metrics
Abstract View : 817 timesPDF (Bahasa Indonesia) Download : 508 times
DOI: 10.58486/jsr.v6i1.109
Refbacks
- There are currently no refbacks.