APLIKASI PENJUALAN ALAT TULIS KANTOR PADA ALIF PHOTOCOPY

Khelvin Ovela Putra(1), Erliza Yubarda(2), Miftahul Jannah(3),


(1) AMIK Mitra Gama
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Alif Photocopy merupakan salah satu usaha penjualan barang yang menjual aneka alat tulis kantor dan photocopy yang beralamat di Jl. Sejahtera. Dalam sistem bertransaksi masih menggunakan sistem manual yaitu menggunakan buku sebagai media pencatatan data dan kalkulator sebagai alat bantu kalkulasi penjualan, sehingga membuat kinerja Alif Photocopy menjadi kurang efektif dan efisien serta tidak ada jaminan keakuratan dan keamanan data. Dalam penanganan arsip salinan nota penjualan untuk dijadikan bahan laporan, hanya buku besar yang menjadi tempat membuat laporan. Dengan sistem yang seperti ini, data penjualan rentan hilang maupun rusak.

Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis memberikan solusi yakni membangun sebuah aplikasi penjualan alat tulis kantor yang diharapkan dapat mempermudah Alif Photocopy dalam melakukan transaksi penjualan. Aplikasi penjualan alat tulis kantor dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.Net dan database MySQL sebagai basis datanya. Penggunaan aplikasi penjualan alat tulis kantor menjadi solusi yang tepat untuk mempermudah proses input data pelanggan, data barang, data admin dan data transaksi penjualan. Mudah dalam pencarian data dan laporan yang dihasilkan akan lebih akurat.

Kata Kunci: Penjualan, Transaksi, Visual Basic.Net, Database MySQL


References


Anggi Oktavian (2018) „269717-Perancangan-Aplikasi- Penjualan-Dengan-Me-457C839F‟, jurnal PETIR, 11(1), pp. 9–24.

Atika, S. (2018) „Rancang Bangun Data Customer Pt Kokandi Dengan Menggunakan Vb . Net 2010 , My Sql Dan Crystal Report Dengan Metode Waterfall‟, Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 3(1), pp. 15–28.

Ayu, F. and Permatasari, N. (2018) „Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Praktek Kerja Lapangan (Pkl) Pada Devisi Humas Pt. Pegadaian‟, Intra-Tech, 2(2), pp. 12–26.

Badii, Y. A. and Kuncoro, D. (2017) „Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dan Bembelian Serta Pengendalian Stok Barang Pada Toko Batik Kusumawardani Solo‟, Jurnal Ilmiah Go Infotech, 23(1), pp. 19–26.

Dewi, I. R. and Malfiany, R. (2017) „Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Pada Sdit Lampu Iman Karawang Berbasis Visual Basic 6.0‟, Jurnal Interkom, 12(2), pp. 4–12.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 432 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 290 times

DOI: 10.58486/jsr.v6i1.144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.