PENERAPAN WEIGHTED PRODUCT UNTUK MENENTUKAN PEMASOK TETAP POLAN PECI NASIONAL PADA UD. BERKAH

Juwita Azizah(1), Kiki Ameliza(2), Candra Surya(3),


(1) AMIK Mitra Gama
(2) AMIK Mitra Gama
(3) AMIK Mitra Gama
Corresponding Author

Abstract


UD. Berkah merupakan sebuah unit Usaha Kecil Menengah yang berada di Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam yang bergerak di bidang konveksi yang menghasilkan produk berupa peci nasional. Peci nasional merupakan aksesoris yang digunakan oleh kaum laki-laki khususnya di Indonesia untuk acara-acara yang bersifat formil maupun untuk beribadah. Pada proses produksi UD. Berkah bekerjasama dengan beberapa pihak untuk menghasilkan polan yang merupakan bahan setengah jadi untuk membuat peci nasional. Dari sekian banyak pemasok polan yang bekerjasama dengan UD. Berkah, tidak semua memenuhi standar mutu yang dikehendaki. Oleh sebab itu UD. Berkah memutuskan untuk menerima lima pemasok saja dengan syarat para pemasok tersebut bersedia memenuhi standar yang dibuat oleh UD. Berkah. Pada kasus ini penulis membantu pemilik UD. Berkah yang merupakan Decision Maker untuk membuat sebuah Sistem Pendukung Keputusan untuk menentukan pemasok tetap polan peci nasional dengan algoritma Weighted Product. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah keputusan yang membantu pemilik UD. Berkah memilih lima pemasok terbaik yang memenuhi standar kriteria yang dikehendaki oleh pemilik usaha ini.

Kata kunci : Weighted Product, Pemasok, Polan, Peci Nasional.


References


Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta, CV. Andi Offset, 2007.

Kusuma, Dewi, Fuzzy Multi-Attribute Decission Making, Yogyakarta, Graha Ilmu, 200ó.

Uyun, Shofwatul. A Fuzzy Topsis Multiple-Attribute Decision Making for Scholarship Selection, Jurnal TELKOMNIKA, Vol.9, No.1, pp. 37-46, April 2011.

Y. Anggraeni, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk GSM Menggunakan Metode Weighted Product, Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.

W.R. Ningrum, Y. Nataliani, R. Somya, Sistem Pendukung Keputusan untuk Merekomendasikan TV Layar Datar Menggunakan Metode Weighted Product (WP), Artikel Ilmiah, Salatiga, Universitas Kristen Satya Wacana, 2012


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 127 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 50 times

DOI: 10.58486/jsr.v6i1.148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.