SISTEM PENDETEKSI DINI KEBAKARAN UNTUK PENANGGULANGAN BENCANA LINGKUNGAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DI PROVINSI RIAU

Suherman Suherman(1), Refni Wahyuni(2), Abdi Muhaimin(3), Yuda Irawan(4),


(1) Universitas Hang Tuah Pekanbaru
(2) Universitas Hang Tuah Pekanbaru
(3) Universitas Hang Tuah Pekanbaru
(4) Universitas Hang Tuah Pekanbaru
Corresponding Author

Abstract


Kebakaran hutan dan lahan di Riau merupakan bencana alam yang selalu berulang setiap memasuki musim kemarau. Kondisi tanah di daerah Riau merupakan tanah dengan jenis gambut dengan total luas lebih kurang 4,04 juta hektare atau 56,1% dari luas total lahan gambut di Sumatera sehingga sangat rentan terbakar. Salah satu Solusi dalam penelitian ini akan dirancang sebuah sistem untuk dapat mengetahui lebih cepat adanya tanda-tanda kebakaran hutan dan lahan. Sistem pendeteksi kebakaran hutan atau forest alert dengan menerapkan teknologi terkemuka Internet of Things (IoT) untuk mengetahui lebih cepat adanya tanda-tanda kebakaran hutan atau lahan. Penerapan teknologi Internet of Things (IoT) diperlukan dalam mengirimkan informasi kepada pemilik lahan dan pihak berwenang lainnya. Pada pembuatan alat pendeteksi dini kebakaran hutan di lahan gambut membutuhkan arduino uno sebagai tempat pemrograman. Sensor suhu DHT22 sebagai alat pendeteksi suhu dan kelembapan udara pada lahan dan sensor capacitive soil moisture sebagai alat pendeteksi kelembaban tanah sebagai alat input ke arduino. Dari ketiga data ini, dikirim ke server menggunakan modul Wi-Fi ESP8266. Dari hasil pengujian maka dapat disimpulkan sistem pendeteksi dini kebakaran dengan menggunakan sensor DHT22 dan capacitive soil menjadi sebuah sistem yang saling terhubung dan berjalan dengan baik. Proses data pada sensor DHT22 membaca nilai suhu dan kelembaban udara di sekitar sensor. Sedangkan proses data pada sensor capacitive soil membaca nilai kelembaban dalam tanah sekitar sensor. Website yang berfungsi untuk melakukan monitoring deteksi dini kebakaran berjalan dengan baik dan dapat menampilkan serta mengelolah data yang dikirimkan oleh sensor.


References


Wahyuno, S. Ritung, H. S. (2003). Map of Peatland Distribution Area and Carbon Content in Sumatera. Wetland International-Indonesia Program and Wildlife Habitat Canada (WHC).

Pambudi, R. A., Setiawan, B. D., & Wijoyo, S. H. (2017). Implementasi Fuzzy Time Series untuk Memprediksi Jumlah Kemunculan Titik Api. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 2(11), 4767–4776.

Leven, T.S, Rismawan, T., Nirmala, I. (2017). Sistem Monitoring Dan Peringatan Dini Kebakaran Hutan Dan Lahan Gambut Berbasis Arduino Dengan Antarmuka Website Dan Short Message Service (Sms). Jurnal Coding, Sistem Computer Untan, Vol. 05 No, 72–79.

Amarudin, A., Saputra, D. A., & Rubiyah, R. (2020). Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Ikan Menggunakan Mikrokontroler. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kendali Dan Listrik, 1(1), 7-13.

Dabukke, H., Sijabat, S., & Adiansyah, A. (2020). Rancang Bangun Pulse Oximetry (Spo2) Pada Alat Pasien Monitor. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 2(2), 122-137.

Mukhammad, Z. (2020). Perancangan sistem pembersih udara menggunakan metode Fuzzy Mamdani untuk kontrol kipas berbasis IOT (Internet Of Things) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Putra, R. W., & Suryamen, H. (2019). Sistem Monitoring Tanah Longsor Berbasis Internet of Things dan Geographic Information System. JITCE (Journal of Information Technology and Computer Engineering), 3(02), 70-77.

AZHAR, M. I. (2019). Rancang Bangun Robot Pengukuran Jarak Menggunakan Web Dan Smartphone Android. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas sains dan Tekhnologi, 1(1), 368-368.

Mei Dwila Nawa, S. N. (2020). Prototype Sistem Pendeteksi Kebakaran Hutan Berbasis Arduino Dan Fuzzy Logic (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Telkom Purwokerto).

Sasongko, G. (2019). Perancangan Prototype Otomatis Pendeteksi Kebakaran Sistem Fuzzy Berbasis IoT.

Yanti, N., Rahman, F. Z., & Nur, T. (2019). Rancang Bangun Sistem Pendeteksi Kebakaran Dini Berbasis Logika Fuzzy Menggunakan Multisensor. Journal of Industrial Engineering Management, 4(2), 213-224.

Supriyadi, E., & Subagja, F. P. (2020). Rancang Bangun Alarm Pendeteksi Kebakaran Pada Gedung Bertingkat Menggunakan Metode Logika Fuzzy Berbasis Mikrokontroller Serta Terintegrasi Iot. Sinusoida, 22(2), 10-20.

Siswanto, S., Sutarti, S., Hays, R. N., & Anggoro, A. S. (2020). Prototype Wireless Sensor Network (Wsn) Sistem Pendeteksi Dini Kebakaran Hutan. Jurnal Perspektif, 4(2), 117-122.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia) PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 719 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 325 times PDF (Bahasa Indonesia) Download : 168 times

DOI: 10.58486/jsr.v6i2.170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.