PENERAPAN PUSH NOTIFICATION PADA SISTEM MONITORING BELAJAR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FIREBASE CLOUD MESSAGING

Hari Lugis Purwanto(1),


(1) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
Corresponding Author

Abstract


Monitoring belajar merupakan hal sangat penting untuk saling mengawasi proses pembelajaran dan perkembangan siswa terutama bagi lembaga bimbingan belajar. Monitoring belajar juga sangat penting untuk mengetahui permasalahan siswa dan menentukan metode belajarnya terutama jika terjadi pergantian tutor belajar. Namun penerapan buku monitoring memiliki banyak masalah antara lain siswa tidak membawanya dengan berbagai macam alasan, siswa tidak menunjukkan buku monitoringnya ke orang tua mereka dan bahkan siswa menghilangkan buku monitoring tersebut. Hal itu membuat proses monitoring terhambat. Penerapan monitoring secara digital dengan disertai push notification merupakan solusi terbaik untuk menggantikan peran buku monitoring yang selama ini digunakan. Push notification akan menjamin bahwa pemberitahuan mengenai pengiriman laporan belajar terkirim dengan baik dan secara tepat waktu. Begitu juga tutor akan mendapatkan notifikasi bahwa orang tua telah membaca laporan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah sistem monitoring dengan menerapkan push notification menggunakan Firebase Cloud Messaging (FCM) untuk menyelesaikan permasalahan selama menggunakan buku monitoring. Proses pembangunan sistem menggunakan model prototyping. Hasil penelitian ini telah berhasil membuat sistem monitoring dengan disertai push notification menggunakan FCM. Sistem monitoring belajar tersebut telah mampu menggantikan peranan buku monitoring yang sering mengalami kendala dan tidak tersampaikan ke ruang tua siswa. Dengan dibekali push notification, sistem ini mampu memberikan informasi secara real time ke orang tua dan memberikan notifikasi ke tutor ketika orang tua telah membuka laporan belajar yang dikirimkan oleh tutor. Notifikasi juga mampu berjalan lintas platform yaitu aplikasi webview, browser laptop/komputer maupun browser smartphone.

References


E. Wijayanti and A. Latubessy, “Teknologi Android Untuk Monitoring Hasil Belajar Anak Mengunakan Metode Problem Solving,” J. Inform. Upgris, vol. 5, no. 1, pp. 103–105, 2019.

S. Haryoko, A. Bahri, I. Suhardi, M. J. N. Fikri, and Riangkaryaman, “Monitoring Dan Evaluasi Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Menjamin Mutu Perkuliahan Di Universitas Negeri Makassar,” Semin. Nas. Has. Penelit., no. 2020, pp. 1315–1330, 2021.

A. Faisol and F. Rahmadianto, “REALTIME NOTIFICATION PADA APLIKASI BERBASIS WEB,” MNEMONIC, vol. 1, no. 2, pp. 14–17, 2018.

M. Imron, G. R. Sutikno, and I. N. Dazki, “Implementasi Push Notification Pada Sistem Peminjaman Sarana dan Prasarana Berbasis Website,” J. Inform., vol. 7, no. 2, pp. 174–182, 2020.

A. Rahmatulloh, A. N. Rachman, and F. Anwar, “Implementasi Web Push Notification pada Sistem Informasi Manajemen Arsip Menggunakan PUSHJS,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 3, p. 327, 2019.

I. M. F. A. Wirana, R. V. H. Ginardi, and A. Munif, “Schedule Request dan Event Reminder pada Aplikasi Finding Tutor,” J. Tek. ITS, vol. 7, no. 2, 2019.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi, 7th ed. Yogyakarta: Andi, 2015.

M. Prabowo, Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Salatiga: LP2M Press IAIN Salatiga, 2020.

A. S. Nugroho, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Trans Tekno, 2017.

A. Abdussalam, B. Wicaksono, A. Susanto, and S. Sudaryanto, “Push Notification Using Firebase Cloud Messaging (FCM) on Employee Attendance Application,” Sisfotenika, vol. 11, no. 2, pp. 220–231, 2021.

M. Z. Faried, A. Mulwinda, and Y. Primadiyono, “Pengembangan Aplikasi Android Bimbingan Skripsi dengan Fitur Notifikasi,” J. Tek. Elektro, vol. 9, no. 2, pp. 1–6, 2017.

R. A. Sianturi, A. M. Sinaga, Y. Pratama, H. Simatupang, J. Panjaitan, and S. Sihotang, “Perancangan Pengujian Fungsional Dan Non Fungsional Aplikasi Siappara Di Kabupaten Humbang Hasundutan,” J. Komput. dan Inform., vol. 9, no. 2, pp. 133–141, 2021.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 213 times
PDF Download : 194 times

DOI: 10.58486/jsr.v7i1.203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.