IMPLEMENTASI APLIKASI PANIC BUTTON DALAM QUICK RESPONSE PENANGANAN BENCANA DI BPBD KOTA PEKANBARU
(1) STMIK Hang Tuah Pekanbaru
(2) Universitas Hang Tuah Pekanbaru
(3) Universitas Hang Tuah Pekanbaru
Corresponding Author
Abstract
Proses pengaduan atau pelaporan ke petugas BPBD yang dilakukan masyarakat Kota Pekanbaru melalui call center kerap kali memperlambat beberapa faktor. Pelaporan masyarakat diproses dengan tenggang waktu yang cukup lama untuk diminta keterangan lokasi dan data yang dibutuhkan, serta penerima panggilan laporan yang terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi yang dapat menambah pilihan masyarakat dalam melakukan permintaan pertolongan ke petugas BPBD. Pada aplikasi ini terdapat tombol darurat untuk memasukkan detail pengaduan dan mengupload gambar kejadian dengan menggunakan SMS Alert yang didalamnya terdapat pesan darurat singkat dan link maps user current location dari user pengirim. Untuk merancang aplikasi Panic Button Berbasis Android ini, peneliti menggunakan metode prototype dan software Android Studio. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat menjadi alternatif masyarakat dalam melakukan permintaan pertolongan ke petugas BPBD, serta aplikasi ini dapat meningkatkan kinerja BPBD dalam melakukan pertolongan dan mempermudah petugas dalam menemukan lokasi pelapor.
Kata Kunci: Android, Aplikasi Panic Button, Metode Prototype, SMS Alert
Article Metrics
Abstract View : 228 timesPDF (Bahasa Indonesia) Download : 265 times
DOI: 10.58486/jsr.v7i1.224
Refbacks
- There are currently no refbacks.