RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENERIMA BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DI KECAMATAN MANDAU BERBASIS WEB

Khelvin Ovela Putra(1), Miftahul Jannah(2),


(1) AMIK Mitra Gama
(2) Institut Teknologi Mitra Gama
Corresponding Author

Abstract


Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) adalah pemberian uang tunai kepada masyarakat miskin non Program Keluarga Harapan (PKH) yang terkena dampak covid-19 dan kehilangan mata pencaharian. Pada kecamatan Mandau masyarakat yang mendapatkan BLT tersebut diseleksi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh pihak dinas social. Namun proses penseleksian yang dilakukan oleh petugas masih dilakukan secara manual dimana Proses penilaian diserahkan kepada ketua RT setempat yang bersifat subyektif dan akan diseleksi lagi oleh tim diKecamatan. Permasalahan yang terjadi dilapangan adalah ketidak sesuaian masyarakat yang mendapatkan bantuan BLT dengan kriteria yang telah ditentukan sehingga BLT tidak sampai kepada masyrakat miskin yang benar-benar membutuhkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibutuhkan sistem informasi penerima BLT tersebut. Dimana sistem yang dirancang menggunaka metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan menerapkan algorithma Analitycal Network Proceess (ANP).Dengan adanya sistem informasi ini di harapkan agar proses penseleksian dapat meminimalisir terjadinya salah sasaran yang sering timbul dalam proses penyeleksian warga yang ingin mendapatkan Bantuan Langsung Tunai.

References


D. Herdiana, I. Wahidah, N. Nuraeni, and A. N. Salam, “Implementasi Kebijakan Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) Dana Desa Bagi Masyarakat Terdampak COVID-19 di Kabupaten Sumedang : Isu dan Tantangan Implementation of Village Fund Direct Cash Assistance Policy for Villagers Affected by COVID-19 in Sumedang Regency : Issues and Challenges,” vol. 5, pp. 1–16, 2021.

J. T. Informatika, S. Informasi, and I. Komputer, “CAHAYA téch,” vol. 8, no. 2, 2019.

K. T. Pinang, B. L. Tunai, K. Tanjungpinang, and K. Tanjungpinang, “1 , 2 , 3,” vol. 6, no. 2, 2021.

M. Syarif et al., “PEMODELAN DIAGRAM UML SISTEM PEMBAYARAN TUNAI PADA TRANSAKSI E-COMMERCE,” vol. 4, no. 1, 2020.

M. Mailasari and E. D. Sikumbang, “Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode Waterfall,” vol. 8, no. September, pp. 207–214, 2019.

“PMK-Nomor-50-Tahun-2020-2.pdf.” .

P. Pada and M. Pandemi, “Dampak bantuan paket sembako dan bantuan langsung tunai terhadap kelangsungan hidup masyarakat padalarang pada masa pandemi covid 19,” vol. 1, no. 12, pp. 113–120, 2020.

Prihandoyo. M. T., “Unified Modeling Language ( UML ) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” vol. 3, no. 1, pp. 126–129, 2018.

Pungkasanti. P. T., "Penerapan ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) pada sistem pendukung keputusan", vol 14, no 2, pp. 66-71

T. Sugihartono, D. Ardiansyah, and M. Zakky, “Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Rumah Tidak Layak Huni Berbasis Web,” vol. 7, pp. 52–56, 2018.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 256 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 348 times

DOI: 10.58486/jsr.v7i1.229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.