Rancangan Media CAI (Assited Intruction Computer) Educational Games Berbasis Adobe Flash Cs6 Dalam Bentuk Game Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Di Madrasah Ponpes.Sumatera Thawalib Parabek

Irman Irman Efendi(1),


(1) 
Corresponding Author

Abstract


Metode pembelajaran berbasis Multiple Intelegent adalah proses pembelajaran dengan menggunakan media dalam proses pembelajaran seperti komputer, infocus, media gambar, audio,dan visual. seorang guru harus menggunakan sebuah media dalam proses pembelajan karena siswa cenderung lebih tertarik kepada hal-hal yang menggunakan gambar, gerakan dan suara dalam proses pembelajaran, media yang digunakan adalah media biasa di pakai seperti Power point dan media papan tuis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) adalah metode penelitian yang di gunakan untuk menghasilkan poduk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Pemelitian ini dilakukan dengan menggunkan perangkat komputer untuk melakukan perancangan, pengujian dan pengoptimalan produk. Penelitian ini mengunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda. ADDIE merupakan singkatan dari ( Analysis, Design, Devolopment Of Production, Implementation Or Delivery And Evaluation. model dapat digunakan berbagai macam bentuk pengembangan produk seperti model dan strategi pembelajaran, metode pembelajaran, media , dan bahan ajar. Model pengembangan ADDIE terdiri atas 5 langkah pokok yaitu Analysis, Design, Devolopment, And Evaluation.
Hasil penelitian dari media pembelajaran IPS dalam bentuk Game ini berupa tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluasi yang dilakukan adalah semua tahapan yang dimulai dari pengumpulan bahan materi sampai proses pembuatan media tersebut menggunkan Aplikasi Adobe flash CS6. Pengaruh media pembelajaran dalam bentuk menggunakan Adobe Flash CS6 sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar sesuai dengan pengujian yang dilakukan terhadap siswa dan guru berupa pegisian angket produk.Media yang didengan rancang sudah sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru IPS, hal ini telah ditelaah oleh pakar IT, guru, dan siswa.

Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 349 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 358 times

DOI: 10.58486/jsr.v1i01.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.