ANALISA KUALITAS WEBSITE YONYOU U8 PADA PT. SANY PERKASA JAKARTA MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0

Akez Sutrisno(1), Fitra Septia Nugraha(2),


(1) Universitas Nusa Mandiri
(2) Universitas Nusa Mandiri
Corresponding Author

Abstract


PT. Sany Perkasa Jakarta adalah perusahaan principle distributor alat berat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2008 dan berkantor pusat di Jakarta. PT. Sany Perkasa di Jakarta memiliki tim ahli yang handal dan berpengalaman dalam bidang principle distributor alat berat. Memasuki era digitalisasi, PT. Sany Perkasa Jakarta melakukan inovasi proses pencatatan transaksi akuntansi dari proses input manual menjadi full digital melalui penggunaan website Yonyou U8. Website Yonyou U8 dirancang khusus tidak hanya mencatat transaksi akuntansi melainkan seluruh kegiatan proses bisnis (ERP) pada penggunanya. PT. Sany Perkasa Jakarta adalah salah satu pengguna aplikasi ERP melalui website Yonyou U8 akan tetapi dalam pengimplementasianya belum memiliki cukup bukti bahwa website dapat diterima dan mampu memberikan kecepatan, ketepatan serta kenyamanan dalam proses bisnis perusahaan. Penelitian ini melakukan pengukuran kualitas website Yonyou U8 melalui dimensi Webqual (usability, information quality, interaction quality) dan variabel kepuasan pengguna yaitu karyawan PT. Sany Perkasa Jakarta. Metode pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden berjumlah 100 orang. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan pengolahan data dapat diketahui bahwa persepsi pengguna terhadap kemudahan kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi termasuk dalam kategori kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai R square sebesar 77,3%. Dari hasil penelitian bisa diketahui variabel information quality memberikan andil kontribusi terbesar yaitu 84,8% dari variabel yang lain.


References


L. D. P. Wulandari, D. P. Githa, and G. A. A. Putri, “Penerapan ERP pada Perusahaan Manufaktur Konveksi Bali Valentine Menggunakan Aplikasi Dolibarr,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 4, pp. 3189–3204, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i4.2702.

A. Sudradjat, S. Selviana, and W. Widiati, “Metode Webqual 4.0 Untuk Mengukur Kualitas Website Quick Online Booking PT. Pos Indonesia,” Inf. Syst. Educ. Prof. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, p. 21, 2020, doi: 10.51211/isbi.v5i1.1391.

D. S. Djaeng and B. Burhanudin, “Analisa Kualitas Website Stmik Bina Mulia Palu,” vol. 2, no. 2, pp. 53–63, 2018.

A. P. N. Nurdin, “Analisa Dan Implementasi Kriptografi Pada Pesan Rahasia,” Jesik, vol. 3, no. 1, pp. 1–11, 2018, [Online]. Available: [email protected]

Algifari, Mengukur Kualitas Layanan, Yogyakarta: BPFE, 2016.

T. V. Susanto, Y. Yudiana, and L. Setiyani, “Analisis Kualitas Aplikasi Jurnal.Id Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: PT. Wahana Sakti),” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 16, no. 4, pp. 1–10, 2022, doi: 10.35969/interkom.v16i4.170.

D. Taruna, A. Fauzi, and M. C. Aruan, “Aplikasi Pengenalan Dan Pencegahan Bencana Kebakaran Api Yang Disebabkan Oleh Manusia ( Human Error ) Berbasis Android,” Semna Ristek (Seminar Nas. Ris. dan Inov. Teknol., pp. 1–7, 2021.

L. Setiyani, J. Wagiar, and E. Tjandra, “Analisis Kualitas Sistem Aplikasi Dapodik Pada Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Kutawaluya Menggunakan Model Webqual 4.0,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 15, no. 2, pp. 12–20, 2020, doi: 10.35969/interkom.v15i2.68.

YONYOU (HONGKONG) COMPANY LIMITED 2022, "An Introduction to Enterprise Resource Planning (ERP)," yonyou.com. [Online]. Available: https://www.yonyou.com.hk/insights/what-is-erp/. [Accessed: May 12, 2023].

A. Winarni and W. Riska, “Analisis Kualitas Website Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Website Pt. Bank Sinarmas Tbk Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Bangkit Indones., vol. 9, no. 1, pp. 6–12, 2020, doi: 10.52771/bangkitindonesia.v9i1.106.

A. S. Wati, “Analisa Kepuasan Pengguna Sistem Pembayaran Pada Kantor X di Kota Palembang dengan menggunakan metode Webqual 4.0,” J. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2021, [Online]. Available: www.pajak.go.id.

A. Faza and A. P. Utomo, “Analisa Kualitas Layanan Website PT. Masusskita United Menggunakan Metode Webqual,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 2, p. 88, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i2.1155.

R. Taufiq, Sistem Informasi Manajemen; Konsep Dasar, Analisis dan Metode Pengembangan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B, Bandung: Alfabeta, 2015.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2015.

B. Y. R. Kurniawan, Analisis Regresi: Dasar dan Penerapannya dengan R, Jakarta: Kharisma Putra Utama, 2016.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 178 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 44 times

DOI: 10.58486/jsr.v7i2.266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.