PENGGUNAAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN PADA SEKOLAH EMIISc JAKARTA

Agung Primahadi Asta(1), Anton Anton(2),


(1) Universitas Nusa Mandiri
(2) Universitas Nusa Mandiri
Corresponding Author

Abstract


Perpustakaan merupakan fasilitas atau tempat yang menyediakan sarana bahan bacaan. Penataaan buku yang baik dapat membantu pustakawan dalam memperoleh sumber bacaan yang baik. Mengetahui pola peminjaman buku merupakan salah satu cara untuk peningkatan layanan perpustakaan, sehingga dapat meningkatkan minat baca bagi masyarakat. Algoritma Apriori merupakan metode yang digunakan untuk menggali kaidah asosiasi. Analisis asosiasi dalam Teknik data mining untuk menemukan aturan asosiatif antara suatu kombinasi item. Pada penelitian ini algoritma apriori digunakan untuk menganalisis pola peminjaman buku di perpustakaan EMIISc Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan asosiasi peminjaman buku berdasarkan judul buku dan menemukan informasi peminjaman buku pada Perpustakaan EMIISc Jakarta. Analisis dilakukan untuk data transaksi peminjaman diperpustakaan EMIISc Jakarta. Data yang dihasilkan dapat menggambarkan assosiasi rule buku yang dipinjam secara bersamaam. Hasil analisis transaksi peminjaman buku di perpustakaan dengan batasan minimum support 10% dan minimum confidence 70%. Buku yang memenuhi minimum support dan confidence yaitu dengan kode buku {(H, I) (N, O) (Q, R)} dengan nilai support 11,11% dan nilai confidence 100%, artinya dari hasil tersebut siswa lebih banyak meminjam dan membaca buku tersebut. Pola yang dihasilkan sebagai rekomendasi kepada pihak perpustakaan untuk mengatur tata letak buku.

References


O. Manurung dan P. S. Hasugian, “Analisa Algoritma Apriori Untuk Peminjaman Buku Pada Perpustakaan SMA 1 Silima Pungga-Pungga Parongil: Analisa Algoritma Apriori untuk Peminjaman Buku,” Remik Ris. dan E-Jurnal Manaj. Inform. Komput., vol. 4, no. 1, hal. 188–195, 2019.

N. N. Hasanah dan A. S. Purnomo, “Implementasi Data Mining Untuk Pengelompokan Buku Menggunakan Algoritma K-Means Clustering (Studi Kasus: Perpustakaan Politeknik LPP Yogyakarta),” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 4, no. 2, hal. 300–311, 2022.

F. W. Andhika, H. Yuana, dan W. D. Puspitasari, “PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA SISTEM PEMINJAMAN BUKU DI PERPUSTAKAAN SMK PEMUDA 3 KESAMBEN,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 6, no. 2, hal. 914–919, 2022.

P. A. Minarni, M. S. Hasibuan, dan F. D. Prasetya, “Implementasi Data Mining dalam Analisa Pola Peminjaman Buku Di Perpustaakaan Universitas Muhammadiyah Pringsewu Menggunakan Metode Association Rule,” in Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 2021, vol. 1, hal. 95–104.

D. E. Satie, S. Suparni, dan A. B. Pohan, “Analisa Algoritma Apriori Pada Pola Peminjaman Buku di Perpustakaan ITB Ahmad Dahlan,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, hal. 136–143, 2020.

T. Y. Y. Yuliyanto dan F. Maedjaja, “Implementasi Implementasi Data Maining Untuk Menganalisis Pola Peminjaman Buku Perpustakaan Dengan Menggunakan Metode Apriori: Implementasi Data Maining,” J. SAINS DAN Komput., vol. 8, no. 02, hal. 1–6, 2023.

M. A. M. Afdal dan M. Rosadi, “Penerapan association rule mining untuk analisis penempatan tata letak buku di perpustakaan menggunakan algoritma apriori,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, hal. 99–108, 2019.

A. Nurfajiah, T. H. Mindara, dan D. R. Amalia, “Integrated Library System Untuk Meningkatkan Efektivitas Layanan Perpustakaan Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori (Studi Kasus: Perpustakaan Kabupaten Cirebon): Metode Algoritma Apriori,” J. Inf. Technol., vol. 3, no. 1, hal. 39–44, 2021.

P. Suryati, “Analisis Pola Peminjaman Buku dengan Menggunakan Algoritma Apriori,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 5, no. 1, hal. 17–23, 2022.

A. Handayanto, R. R. Waliyansyah, dan M. R. Irwanto, “Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Penentuan Penempatan Buku Di SMAN 1 Warureja Kabupaten Tegal,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., vol. 5, no. 1, hal. 41–51, 2022.

F. Al Fiyan Nizaela, T. Susyanto, dan R. T. Vulandari, “Implementasi Algoritma Apriori pada Tata Letak Kategori Buku di Perpustakaan,” J. Ilm. SINUS, vol. 20, no. 1, hal. 23–34, 2022.

D. Rusdianto dan L. Zaelani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Pola Peminjaman Buku di Perpustakaan Universitas Bale Bandung,” J-SIKA| J. Sist. Inf. Karya Anak Bangsa, vol. 2, no. 02, hal. 1–10, 2020.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 179 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 69 times

DOI: 10.58486/jsr.v7i2.275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.