IKAT PINGGANG MENGGUNAKAN GPS DAN ANDROID BERBASIS INTERNET OF THINGS UNTUK MELACAK KEBERADAAN LANSIA PENDERITA DEMENSIA

Zupri Henra Hartomi(1), Haris Tri Saputra(2), Bambang Kurniawan(3), Abdi Muhaimin(4),


(1) Universitas Hang Tuah Pekanbaru
(2) Universitas Hang Tuah Pekanbaru
(3) Universitas Hang Tuah Pekanbaru
(4) Universitas Hang Tuah Pekanbaru
Corresponding Author

Abstract


Demensia merupakan suatu sindrom penurunan kemampuan intelektual progresif yang menyebabkan gangguan fungsi kognitif, sehingga menyebabkan gangguan fungsi sosial, pekerjaan, dan aktivitas sehari - hari. Umumya masyarakat lebih mengenal demensia dengan istilah pikun. Permasalahan yang sering terjadi yaitu ketika lansia yang sudah pikun bepergian bahkan posisinya sudah jauh dari rumah dan sering lupa jalan untuk kembali menuju rumah, sehingga mengakibatkan anak dan anggota keluarga dari lansia tersebut sering kehilangan lansia tersebut karena susah mencari dan mengetahui lokasi keberadaan dari lansia tersebut. Berdasarkan permasalahan diatas, peneliti ingin membuat sebuah prototype alat pelacakan lansia penderita demensia berupa ikat pinggang pintar untuk dapat mencegah dan melacak lansia yang hilang berbasis Internet Of Things (IoT) menggunakan GPS dan Android sehingga anak dan anggota keluarga dari lansia tersebut dapat mengetahui lokasi lansia dengan mudah dengan mendapatkan pesan atau notifikasi dari sms dan telegram bot.

Kata Kunci : ikat pinggang; pelacakan, lansia, demensia, Internet Of Things


References


Kafin A, Adrian HR, Siregar S. Tracking Dan Monitoring Pengidap Alzheimer. 2019;5(2):1380–400.

Ambagapuri MR, Putra FN, Thahira M, Fadlilah U. Pelacak Orang Hilang Menggunakan Sepatu dengan Sistem GPS dan GSM. Khazanah Inform J Ilmu Komput dan Inform. 2018;4(1):42–6.

Nisa KM, Lisiswanti R. Faktor Risiko Demensia. Majority [Internet]. 2016;5(4):86–7. Available from: http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/890

Andriana E, Riyanto S, Anardani S. Tongkat Pintar Pendeteksi Lokasi Berbasis Internet Of Things Menggunakan Firebase Realtime Database. Pros Semin Nas Teknol Inf dan Komun [Internet]. 2021;4(1):417–27. Available from: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/1948

Yoko P, Adwiya R, Nugraha W. Penerapan Metode Prototype dalam Perancangan Aplikasi SIPINJAM Berbasis Website pada Credit Union Canaga Antutn. J Ilm Merpati (Menara Penelit Akad Teknol Informasi). 2019;7(3):212.

Robbi MS, Yulianti Y. Perancangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web dengan Model Prototype pada SMPN 7 Kota Tangerang Selatan. J Teknol Sist Inf dan Apl. 2019;2(4):148.

Fridayanthie EW, Haryanto H, Tsabitah T. Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan (Persis Gawan) Berbasis Web. Paradig - J Komput dan Inform. 2021;23(2):151–7.

Wibowo IG, Rumagit A., Tuturoong N. SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PENANGGULANGAN BENCANA PADA KANTOR BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KABUPATEN PADANG PARIAMAN Oleh Rini Asmara, S.Kom, M.Kom AMIK Jayanusa Padang Jl. Damar. No. 69 E Padang e-Mail. [email protected]. E-Journal Tek Elektro Dan Komput. 2014;3(4):11–8.

Irawan Y, Wahyuni R, Rahmawati D, Saputra HT. Sistem keamanan smart brankas menggunakan fingerprint android. 2022;6(1):14–9.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 318 times
PDF Download : 181 times

DOI: 10.58486/jsr.v7i2.285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.