DESAIN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN STATUS KESTABILAN KAPAL ROLL ON-ROLL OVER (RORO) BERBASIS FUZZY SUGENO

Dani Rofianto(1), Jaka Fitra(2), Khusnatul Amaliah(3), Fathurrahman Kurniawan Ikhsan(4),


(1) Politeknik Negeri Lampung
(2) Politeknik Negeri Lampung
(3) Politeknik Negeri Lampung
(4) Politeknik Negeri Lampung
Corresponding Author

Abstract


Stabilitas kapal adalah aspek krusial dalam industri pelayaran, terutama pada kapal angkutan antar pulau yang melayani sejumlah besar penumpang dan kendaraan setiap harinya. Upaya untuk mengurangi risiko kecelakaan transportasi laut, terutama pada kapal RORO, memerlukan pendekatan yang cermat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem pendukung keputusan yang mengadopsi logika Fuzzy untuk memberikan informasi tentang status kestabilan kapal kepada awak kapal (ABK) yang memungkinkan mereka untuk mengambil tindakan yang tepat dan cepat. Sistem yang dirancang menggunakan sensor gyroscope untuk mengukur derajat kemiringan kapal. Informasi dari sensor ini digunakan untuk menentukan status kestabilan kapal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa logika Fuzzy dapat efektif digunakan pada sistem komputasi terbatas seperti microcontroller dan microprocesor untuk mengatasi permasalahan yang terkait dengan kapal angkutan antar pulau. Penelitian ini berpotensi meningkatkan keamanan dan kenyamanan perjalanan laut.


References


K. Kundori And P. Pranyoto, “Implementasi Kebijakan Transportasi Laut Dalam Rangka Pengembangan Sistem Logistik Nasional,” Majalah Ilmiah Bahari Jogja, Vol. 21, No. 1, Pp. 52–60, Feb. 2023, Doi: 10.33489/Mibj.V21i1.317.

C. Amin, H. Mulyati, E. Anggraini, And T. Kusumastanto, “Impact Of Maritime Logistics On Archipelagic Economic Development In Eastern Indonesia,” The Asian Journal Of Shipping And Logistics, Vol. 37, Feb. 2021, Doi: 10.1016/J.Ajsl.2021.01.004.

S. Yahya, H. Supomo, And S. Nugroho, “Risk Analysis Of Ship Collision In Indonesian Water Using House Of Risk,” 2021.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 204 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 73 times

DOI: 10.58486/jsr.v7i2.302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.