ANALISIS USER EXPERIENCE TERHADAP RUANG KELAS BERBASIS METAVERSE MENGGUNAKAN SPATIAL.IO
(1) 
(2) 
Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis User Experience siswa terhadap ruang kelas berbasis metaverse. Ruang kelas berbasis metaverse dikembangkan menggunakan Spatial.io untuk kelas mata kuliah Aljabar Linear pada Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 di Institut Teknologi dan Bisnis Palcomtech. Metode pengukuran user experience menggunakan metode survei yang menggunakan User Experience Quistionnaire yang digunakan untuk mengukur daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi dan kebaruan. Pengukuran dilakukan kepada siswa yang mengikuti pelajaran menggunakan ruang kelas berbasis metaverse unttuk mata kuliah Aljabar Linear. Tahapan penelitian terdiri dari lima kegiatan, yaitu perencanaan, membuat skenario dan penugasan, melakukan pemilihan responden,melaksanakan pengujian usabilitas, dan menganalisa hasil pengukuran. Jumlah siswa yang menjadi responden sebanyak 38 siswa. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis User Experience menggunakan User Experience Quistionnaire diperoleh hasil untuk daya tarik sebesar 1,217, kejelasan 1,647, efisiensi 1,603, ketepatan 1,218, stimulasi 1.130 dan kebaruan 1,058. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ruang kelas berbasis metaverse untuk mata kuliah Aljabar Linear telah memenuhi kriteria yang baik untuk semua variabel yang diukur.
References
Bonafix Nunnun, Nediari Amarena, “Potensi dan Peluang Metaverse Dalam Dunia Pendidikan”, Seminar Nasional Desain, 2023, pp 24 - 30
Mulati Yeni, “Analisis Penggunaan Teknologi Metaverse Terhadap Pembentukan Memori pada Proses Belajar”, Jurnal Karya Ilmiah Guru, Vol. 8, No. 2, 2023, pp 120 - 128, DOI : 10.51169/ideguru.v8i2.480
Barrera Giang Kevin, Shah Denis, “Marketing in the Metaverse : Conceptual understanding, framework, and reasearch agenda”, Journal of Bussines Research, Vol. 155, No. 3, 2023, pp 1 - 19, DOI : 10.1016/j.jbusres.2022.113420
Puspita Farrah, Nugraha nurul Rizki, “Metaverse Peluang Atau Ancaman Bagi UMKM di Indonesia Pada Sektor Industri Pariwisata”, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 9, No.9, 2023, pp 395 - 405, DOI : 10.5281/zenodo.7953096
Sopiandi Ii, Susanti Deffy, “Menganalisis Informasi Metaverse pada Game Online Roblox Secara Garis Besar”, Jurnal PETISI, Vol. 3, No. 1, 2022, pp 1 - 4, DOI : 10.36232/jurnalpetisi.v3i1.2021
Pangestu Maulan Dwi, Rahmi Azizu “Metaverse : Media Pembelajaran di Era Society 5.0 Untuk Meningkatkan Kualitas Pedidikan”, Journal of Pedagogy and Online Learning, Vol. 1, No. 1, pp 52 -61,2022, DOI : 10.24036/jpol.v1i2.17
Nyimas Mukti Ratu wibawa Billah, et al, “Unsur Esensialia dalam Jual-Beli Virtual Land sebagai Aset Digital di Metaverse berdasarkan Hukum Positif Indonesia”, Indonesia Law Journal, Vol. 3, No. 1, pp 40 - 59, 2023, DOI : 10.15294/ipmhi.v3i1.57585
Rasyida Rani, “Pembelajaran Berbasis Metaverse - Virtual Reality Menggunakan Spatial.io Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa”, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 7, No. 2, pp 15875 - 15882, 2023, DOI : 10.31004/jptam.v7i2.8880
Yuniansyah, et.al, “Metaverse : Dunia Virtual Masa Depan di Era Society5.0”, PT.Global Eksekutif Teknologi, 2023
Lailela Noer Septi, Kusumadiarti Suwartika Rini, “ Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Aplikasi SISFO_NILAI di Politeknik Piksi Ganesha Berdasarkan ISO 9126 “, Jurnal E-KOMTEK (Elektronika Komputer Teknik), Vol. 2, No.2, 2018, pp 84 - 100, DOI : 10.37339/e-komtek.v2i2.96
Supriyono, et.al, “Penerapan ISO 9126 dalam Pengujian Kualitas Perangkat Lunak E-Book”, Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Vol. 11, No. 1, 2019, pp 9 - 13 , DOI : 10.118/mat.v11i1.7672
Sirait Nurliana Friska, et.al, “Analisis User Experience Terhadap User Interface Website dengan Design Thinking (Studi Kasus Asuransi Online Superyou.co.id)”, Jurnal Magenta, Vol. 6, No. 2, 2022, pp 971 - 991
Henim Rasio Permana, Sari Perdana Rika, “Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionare”, Jurnal Politeknik Caltex Riau, Vol. 6, No. 1, 2020, pp 69 - 78, DOI : : 10.35143/jkt.v6i1.3582
Muhaemin Abdul Nurdin Muhamad, “Mengukur User Experince Sistem Informasi Akdemik” Jurnal Infotech, Vol. 6, No.1, 2020, pp 7 - 10, DOI : 10.31949/infotech.v6i1.310
Article Metrics
Abstract View : 554 timesPDF (Bahasa Indonesia) Download : 218 times
DOI: 10.58486/jsr.v7i2.305
Refbacks
- There are currently no refbacks.