APLIKASI KEAMANAN SMARTPHONE BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SHORT MESSAGE SERVICE

Fathur Rahman(1), Lidya Wati(2), Devit Satria(3),


(1) Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Keamanan data merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kerahasiaan informasi terutama informasi rahasia yang hanya boleh diketahui oleh pihak yang berhak saja. Untuk itu diperlukan sistem keamanan Android yang berguna melindungi ponsel kita dari penyalahgunaan oleh orang lain misalnya ponsel dibajak, ponsel terbawa teman atau hilang dengan cara mengunci layar Smartphone. Maka dari itu dibuat sebuah aplikasi keamanan Smartphone berbasis Android menggunakan Short Message Service (SMS). yang mampu melakukan penguncian smartphone melalui short message service. Aplikasi ini dibangun memggunakan Android Studio dengan pemograman java. Aplikasi ini mampu mengunci layar dari jarah yang jauh, dimana saja dan kapan saja asalkan kata kunci yang set di aplikasi sesuai dengan yang di ketik pada pesan SMS.

Keywords - Android, Security, Short Message Service (SMS), Smartphone

References


Arif, F, I, 2013, Sistem Keamanan Pesan Pada Androidgingerbread (2.3.4) Dengan Algoritma Luc. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Jember, Jember.

Harry, A., dan Gunadhi, E., 2015, Keamanan Komunikasi Data Sms Pada Android Dengan Menggunakan Aplikasi Kriptograpi Advance Encryption Standard (AES), Jurnal Algoritma, (12) 1, 1 – 6.

Andi, W., dan Bintang, M, D., 2013 – 2014, Aplikasi Screen Lock pada Smartphone Menggunakan Identifikasi Wajah dengan Menerapkan Pointwise, Jurnal Teknik Informatika, (1) 1, 1 – 14.

Mohini, T., dkk., 2013, Review on Android and Smartphone Security, Journal of Computer and Information Technology Sciences, 2320 – 6527.

Sharen, G., dan Iis, N, K., 2015, Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Komunikasi, Jurnal Sosioteknologi, (14) 2, 170 -178.

Ali, I., 2011, Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Tugas Akhir Berbasis Short Message Service (SMS) Gateway di Fasilkom Unsri, Jurnal Sistem Informasi, (1) 1, 81 – 92.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 906 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 262 times

DOI: 10.58486/jsr.v2i1.31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.