PERANCANGAN DAN PENERAPAN E-COMMERCE PADA LASAMBA MART LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA SALEMBA JAKARTA PUSAT
(1) Universitas Nusa Mandiri
(2) Universitas Nusa Mandiri
(3) Universitas Nusa Mandiri
(4) Universitas Nusa Mandiri
Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Lasamba Mart merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ritel makanan dan minuman serta penjualan hasil karya warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba. Saat ini, Lasamba Mart hanya memiliki outlet fisik dan menggunakan proses jual beli secara konvensional. Untuk mengatasi hal ini, pelaku usaha perlu berinovasi dengan mentransformasikan transaksi dari cara konvensional ke sistem digital. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi E-commerce untuk Lasamba Mart agar dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pembelian produk tanpa harus datang ke toko fisiknya, serta meningkatkan promosi dan loyalitas pelanggan. Pengembangan aplikasi Lasamba Mart menggunakan metode pendekatan waterfall dengan orientasi objek yang dihasilkan. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP, menggunakan framework Codeigniter versi 3, dan database MySQL. Hasil dari aplikasi ini akan menampilkan semua produk yang dijual oleh Lasamba Mart, memudahkan admin dalam mengelola produk, pelanggan, dan laporan penjualan, serta membantu perluasan pangsa pasar. Aplikasi ini juga berbasis Web Service sehingga mempermudah akses bagi pelanggan untuk menggunakan aplikasi Lasamba Mart ini. Dengan implementasi aplikasi E-commerce ini, diharapkan Lasamba Mart dapat beradaptasi dengan perubahan teknologi dan meningkatkan layanan kepada pelanggan secara lebih efisien dan praktis.
Kata Kunci: E-Commerce, Lapas Salemba, Lasamba Mart, Minimarket, UMKM
Abstract
DESIGN AND IMPLEMENTATION OF E-COMMERCE IN LASAMBA MART SALEMBA CLASS IIA CORRECTIONAL INSTITUTION CENTRAL JAKARTA. Lasamba Mart is a company engaged in the food and beverage retail sector as well as selling the work of residents of the Class IIA Salemba Penitentiary. Currently, Lasamba Mart only has physical outlets and uses a conventional buying and selling process. To overcome this, business actors need to innovate by transforming transactions from conventional methods to digital systems. This study aims to design an E-commerce application for Lasamba Mart so that it can provide convenience for the public in purchasing products without having to come to the physical store, as well as increasing promotions and customer loyalty. Lasamba Mart application development uses the waterfall approach method with the resulting object orientation. This application was built using the PHP programming language, using the Codeigniter framework version 3, and the MySQL database. The results of this application will display all products sold by Lasamba Mart, making it easier for admins to manage products, customers and sales reports, and help expand market share. This application is also based on Web Service, making it easier for customers to access the Lasamba Mart application. With the implementation of this E-commerce application, it is hoped that Lasamba Mart can adapt to technological changes and improve services to customers more efficiently and practically.
Keywords: Correctional Institution Salemba, E-Commerce, Lasamba Mart, Minimarket, UMKMReferences
M. Shabur, H. Susilo, and Riyadi, “Implementation of E- Commerce as an online Sales Medium ( Case Study at a Factory Shop in Malang City.,” J. Adm. Bisnis, vol. 29, no. 1, pp. 1–9, 2008.
A. L. Zahra, A. I. Ananda, and A. S. Asy’ari, “Peran E-Commerce sebagai Solusi di Masa Pandemi Covid-19,” Pros. Semin. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., no. November, pp. 156–161, 2021, [Online]. Available: http://sitasi.upnjatim.ac.id/index.php/sitasi/article/view/117/20
N. Hanifah and D. R. Rahadi, “Analisis Perilaku Konsumen Dalam Memutuskan Pembelian Secara Online pada Masa Pandemi COVID-19,” J. Manaj. dan Keuang., vol. 7, no. November, pp. 112–122, 2020, [Online]. Available: https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/5490
D. Irmawati, “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis,” Orasi Bisnis, vol. VI, no. November, pp. 95–112, 2011.
Febryantahanuji, “Pemanfaatan Website sebagai Media Promosi dan Meningkatkan Peserta Didik Pada (MA) Madrasah Aliyah Ibrohimiyyah Demak,” J. Nusant. Apl. Manaj. Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 142–148, 2017, doi: 10.29407/nusamba.v2i2.842.
D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House),” J. Common, vol. 3, no. 1, pp. 71–80, 2019.
A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, pp. 1–5, 2020, [Online]. Available:
https://www.researchgate.net/profile/Aceng_Wa hid/publication/346397070_Analisis_Metode_W aterfall_Untuk_Pengembangan_Sistem_Informa si/links/5fbfa91092851c933f5d76b6/Analisis-Metode-Waterfall-Untuk-Pengembangan-Sistem-Informasi.pdf
M. V. Al Hasri and E. Sudarmilah, “Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Website Kelurahan Banaran,” Matrik J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 20, no. 2, pp. 249– 260, 2021, doi: 10.30812/matrik.v20i2.1056.
P. T. Rapiyanta, “Sistem Informasi Sekolah Berbasis Android sebagai Media Sosialisasi dan Promosi di TK Rumahku Tumbuh,” in Seminar Nasional Informatika 2020 (SEMNASIF 2020), 2020, vol. 1, no. 1, pp. 247–257.
E. Rahmawati and Rachmat, “Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web (Studi Kasus SMK Insan Madani),” J. Tek. Komput., vol. 4, no. 1, pp. 168–177, 2018.
Article Metrics
Abstract View : 101 timesPDF (Bahasa Indonesia) Download : 57 times
DOI: 10.58486/jsr.v8i1.310
Refbacks
- There are currently no refbacks.