PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING BERBASIS WEB UNTUK PENERIMAAN PESERTA DIDIK DI SMK AL AMANAH

Sartika Lina Mulani Sitio(1), Yulianti Yulianti(2),


(1) Universitas Pamulang
(2) Universitas Pamulang
Corresponding Author

Abstract


SMK Al Amanah merupakan salah satu sekolah swasta yang berada di Tangerang Selatan. Setiap tahun SMK Al Amanah selalu menerima pendaftaran peserta didik sekitar 648 orang. Karena jumlah yang lumayan banyak ini, maka proses penerimaan peserta didik harus lebih selektif sehingga dilakukannya proses seleksi pada proses penerimaan peserta didik. Penerapan metode Simple Additive Weighting  berbasis web untuk penerimaan peserta didik di SMK AL Amanah merupakan suatu inovasi dalam proses seleksi calon siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan objektivitas dalam penilaian calon peserta didik melalui teknologi web. Metode SAW digunakan sebagai dasar pengambilan Keputusan dengan mempertimbangkan beberapa kriteria yang relevan dalam proses penerimaan sisiwa baru. Kriteria – kriteria tersebut mencakup nilai raport, prestasi akademik, prestasi non akademik dan nilai tertentu. Setiap kriteria diberikan bobot yang dapat disesuaikan dengan kebijakan sekolah dan kebutuhan penerimaan siswa. Penggunaan pendekatan berbasis web memungkinkan para pihak terkait, seperti panitia penerimaan peserta didik dan calon siswa beserta kelaurganya dapat mengakses dan memonitor proses seleksi dengan lebih mudah dan transparan. Sistem ini juga menyajikan laporan evaluasi yang rinci untuk membantu pengambilan keputusan yang lebih informasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SAW berbasis web dapat meningkatkan efektivitas dalam proses penerimaan peserta didik di SMK AL Amanah. Sistem ini memberikan kontribusi positif terhadap keobjektifan dan efisiensi dalam penilaian calon siswa. Sehingga mampu mendukung sekolah dalam memilih siswa yang berkualitas sesuai dengan visi dan misi pendidikan mereka.


References


M. Badrul, R. Ardy, S. Nusa Mandiri Jl Jatiwaringin Raya No, and K. Cipinang Melayu Jakarta Timur, “Penerapan Metode Waterfall pada Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru,” 2021.

M. Muslihudin et al., “Pengembangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Di Sma 1 Annuqayah Sumenep,” J. Informatics Educ. Educ., vol. 3, no. 2, p. 39, 2019.

S. L. Mulani and Nardiono, “Analisis Perbandingan Metode Moora dan Waspas dalam Pendukung Keputusan Pemilihan Konten Youtube Layak Tonton untuk Anak,” J. Sist. dan Inform., vol. 15, no. 2, pp. 115–121, 2021, doi: 10.30864/jsi.v15i2.345.

N. N. - AMIK BSI Jakarta, “Sistem Keputusan Metode Saw Dan Topsis Untuk Pemilihan Staff Peduli Laka Studi Kasus: Pt Express Pool Cipayung,” Evolusi J. Sains dan Manaj., vol. 5, no. 2, pp. 59–65, 2017, doi: 10.31294/evolusi.v5i2.2599.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 39 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 12 times

DOI: 10.58486/jsr.v8i1.338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.