ANALISIS PENERIMAAN APLIKASI BELANJO (BELANJA ONLINE KOTA JAMBI) MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Zahidatul Ummi(1), Reni Aryani(2), Dewi Lestari(3), Yolla Noverina(4), Noneng Marthiawati(5),


(1) Universitas Jambi
(2) Prodi Sistem Informasi, Universitas Jambi
(3) Prodi Sistem Informasi, Universitas Jambi
(4) Prodi Sistem Informasi, Universitas Jambi
(5) Prodi Sistem Informasi, Universitas Muhammadiyah Jambi
Corresponding Author

Abstract


Aplikasi Belanjo merupakan layanan aplikasi belanja online yang digunakan masyarakat Kota Jambi untuk membeli kebutuhan pokok atau belanja sehari – hari seperti sayur, sembako, buah, daging dan lainnya tanpa harus datang ke pasar tradisional. Tujuan melakukan penelitian ini untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat penerimaan aplikasi Belanjo di Kota Jambi. Penerimaan teknologi merupakan kemauan dari pengguna untuk menerapkan sistem teknologi informasi dalam melakukan pekerjaan. Pada penelitian ini untuk mengetahui tingkat penerimaan aplikasi Belanjo dilakukan dengan menggunakan metode Technology Acceptane Model (TAM). TAM terdiri dari lima variabel yang saling terkait yaitu Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Attitude Toward Using, Behavioral Intention to Use dan Actual Use. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Jambi. Dalam menentukan sampel, penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik ini adalah teknik penentuan berdasarkan pertimbangan atau kriteria – kriteria tertentu. Jumlah sampel penelitian ini adalah 100 responden sebagai sampel penelitian yang diperoleh berdasarkan rumus Lemeshow. Pengumpulan data dilakukan dengan membuat kuesioner melalui Google Form dan disebarkan kepada masyarakat Kota Jambi yang telah bertransaksi menggunakan aplikasi Belanjo melalui sosial media. Analisis data dilakukan dengan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan Software SmartPLS dengan uji outer model, inner model dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapat kesimpulan secara keseluruhan dari 6 hipotesis yang diuji diantaranya 5 hipotesis diterima dan 1 hipotesis ditolak.


References


A. G. Gani, “Sejarah dan Perkembangan Internet Di Indonesia,” J. Mitra Manaj., vol. 5, no. Cmc, pp. 68–71, 2020.

S. Kangean and F. Rusdi, “Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Persaingan E-Commrece di Indonesia,” Prologia, vol. 4, no. 2, p. 280, 2020, doi: 10.24912/pr.v4i2.6504.

H. Sukmawati, A. Farizal Rasyid, and M. Rachma Kurniaputri, “Penerimaan dan Penggunaan Layanan Mobile Banking Perbankan Syariah: Ekstensi Technology Acceptance Model,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 7, no. 03, pp. 1845–1857, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jiedoi:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3615

A. N. Rohman, M. Mukhsin, and G. Ganika, “Penggunaan Technology Acceptance Model Dalam Analisis Actual Use Penggunaan E – Commerce Tokopedia Indonesia Use of the Technology Acceptance Model in Analyzing Actual Use of E - Commerce Tokopedia Indonesia,” pp. 25–36, 2023.

M. Rosmiati, Fandhilah, and lusiana Zain, “Analisis Penerimaan Aplikasi Shopee Pada Generasi Milenial Dengan Technology Acceptance Model,” SATIN - Sains dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 82–91, 2022, doi: 10.33372/stn.v8i1.832.

Jam’an, “Penerapan Teori Technology Acceptance Model dalam Perilaku Pengguna Teknologi Internet ( Studi Perilaku dalam Menerima Teknologi Internet ),” Univ. Muhammadiyah Makassar, vol. 3, no. 2, pp. 73–85, 2020.

K. H. Adha and R. Kusumahadi, “Analisis Persepsi Pengguna Situs Marketplace Menggunakan Technology Acceptance Model ( Tam ) ( Studi Kasus Pada Tokopedia ) Analysis of the Marketplace Site User Perception Technology Admission Model Using ( Tam ) ( Case Study in Tokopedia ),” vol. 7, no. 2, pp. 5310–5321, 2020.

N. Mirantika, F. Yusuf, and T. S. Syamfithriani, “Analisis Penerimaan Teknologi M-Commerce Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penjualan Retail di Kabupaten Kuningan,” Nuansa Inform., vol. 16, no. 1, pp. 161–171, 2022, doi: 10.25134/nuansa.v16i1.5236.

H. H. Putri, D. Singasatia, and M. A. Sunandar, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Teknologi Pada Pengguna Aplikasi Shopee Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM),” INSOLOGI J. Sains dan Teknol., vol. 1, no. 4, pp. 401–410, 2022, doi: 10.55123/insologi.v1i4.750.

A. Purwanto and Nurahman, “Model Penerimaan Penggunaan E-Marketplace Dengan Technology Acceptance Model di Pusat Pembelanjaan Mentaya Kotawaringin Timur,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 15, no. 2, p. 81, 2020, doi: 10.30872/jim.v15i2.4630.

A. Mayjeksen and D. Pibriana, “Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Penerimaan Pengguna Terhadap Penggunaan Aplikasi Belanja Online XYZ,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 7, no. 2407–4322, pp. 580–592, 2020.

D. Chaniago and M. Akbar, “Analisis Kemampuan Pengguna Dalam Menggunakan E-Commerce Shopee Dengan Metode Technology Acceptance Model (Tam),” J. Nas. Ilmu Komput., vol. 1, no. 2, pp. 77–84, 2020, doi: 10.47747/jurnalnik.v1i2.154.

Hantono, W. Tjong, and Jony, “Pengaruh Technology Acceptance Model Terhadap Intention To Use Dengan Kinerja Sebagai Variabel Moderasi Dalam Menggunakan Sistem Informasi Akuntansi,” Owner, vol. 7, no. 2, pp. 1815–1830, 2023, doi: 10.33395/owner.v7i2.1583.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 63 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 17 times

DOI: 10.58486/jsr.v8i2.401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.