DESAIN USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) PENGOLAHAN DATA PEMESANAN ONLINE

Marini Marini(1), Syafrul Irawadi(2), Sheren Julia Jonathan(3),


(1) ISB ATMA LUHUR
(2) ISB ATMA LUHUR
(3) ISB ATMA LUHUR
Corresponding Author

Abstract


Upaya yang dilakukan setiap dalam memasarkan produk jualannya berbeda-beda terutama dalam cara pemesanan yang akan dikelola oleh bagian administrasi supaya bisa mengontrol transaksi pemesana yang terjadi. Sekarang banyak menggunakan tenologi yang tersedia. Kegiatan tersebut adalah dengan cara memanfaatkan internet atau media online untuk memasarkan cara pemesanan penjualan atau disebut dengan pemesanan secara elektronik. Permasalahan yang terus dialami setiap dalam pengelolaan data pemesanan terkadang mengalami kendala kesalahan dalam perhitungan pemesanan. Berdasarkan uraian tersebut maka mendesain User Interface (UI) dan User Experince (UX) Pengelolaan Pemesanan Online dengan Tujuan  mendesain  pengelolaan pemesanan bisa tersimpan dalam database dan penyimpanan data pemesanan akan lebih cepat dikelola dan akurat. Metode yang digunakan dalam mendesain ini RAD ( Rafid Aplication Development ),Tool yang digunakan untuk mengembangkan sistem UML( Unified Modelling Language. Dengan adanya desain ini proses perhitungan dan penyimpanan data pemesan lebih cepat dan mempermudah admin dalam pengelolaan data pemesanan dengan cepat. Hasil dari desain yang dibuat adalah Desain User Interface (UI) dan User Experince (UX) Pengelolaan Pemesanan Online.   

Kata Kunci: MySql, PHPAdmin, User Interface, User Experince, Website


References


Arizona Firdonsyah, Zahra Arwananing Tyas , “Penerapan Motode DesignThinking Pada Perancangan UI/IX Sistem Informasi Penelitian Mahasiswa berbasis Web,” Informatics J., vol. 8(2), no. 136–142, 2023.

and R. F. D. H. Putra, M. Asfi, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. 8(1), pp. 111–117, 2021.

and S. D. A. R. Pramudita, R. W. Arifin, A. N. Alfian, N. Safitri, “Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun UI/UX Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika STMIK Tasikmalaya,” J. Buana Pengabdi., vol. 3(1), pp. 149–154, 2021.

A. S. M. Agus Muhyidin1, Muhammad Afif Sulhan2, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA,” J. Digit, vol. 10, no. 1, p. 208~219, 2020.

and P. S. A. A. Razi, I. R. Mutiaz, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan UI/UX Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan dan Temuan Barang Tercecer,” J. Desain Komun. Vis., vol. 3(2), pp. 75–93, 2018.

and E. E. E. Susanti, E. Fatkhiyah, “Pengembangan UI/UX Pada Aplikasi M-Voting Menggunakan Metode Design Thinking,” Simp. Nas. RAPI XVIIII, p. 364370, 2019.

R. H. R. 1 Prima Fithri1, Asmuliardi Muluk1, “Perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada Sistem Informasi PT. XYZ,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 9, no. 3, pp. 280–289, 2023.

F. S. Normah1, “Perancangan User Interface (UI) dan User Experince (UX) Aplikasi pendistribution alat-alat kesehatan pada perusahaan PT. Rekamileniumindo Selaras Jakarta Barat,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 9(1), pp. 33–38, 2023.

S. Edi, D. dan Betshani, “Analisis Data Dengan Menggunakan ERD Dan Model Konseptual Data Warehouse.,” J. Inform., vol. 5(1), 2018.

I. G. N. A. W. Cavanaugh, A. B., Rahmawati, E., & Putra, “Analisis dan Perancangan UI/UX dengan Metode User Centered Design pada Website DLU Ferry.,” vol. 1-(3), pp. 1–8, 2021.

J. F. Wawolumaja, “Jurnal Pengaruh User Experience (Ux) Design Terhadap Kemudahan Pengguna Dalam Menggunakan Aplikasi Carsworld.,” J. Ilmu Komun., vol. 1, p. 17, 2021.

N. Ardian, “Pengembangan Website FKIP Unsri sebagai Media Penyampaian Informasi, Tugas Akhir PDK Unsri:,” Tidak diterbitkan., 2008.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 25 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 5 times

DOI: 10.58486/jsr.v8i2.410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.