ANALISIS SENTIMEN PADA ULASAN PEMBELIAN PRODUK DENGAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE

Felina Khasanah(1), Muhammad Hatta(2), Suwandi Suwandi(3),


(1) Universitas Catur Insan Cendekia
(2) Universitas Catur Insan Cendekia
(3) Universitas Catur Insan Cendekia
Corresponding Author

Abstract


Dibalik pertumbuhan pesat pada marketplace juga menghadapi persaingan yang semakin ketat salah satunya dalam menghadapi persaingan antar Toko yang menjual produk yang sama. Dalam menilai kualitas produk dilihat dari rating dan ulasan yang diberikan pelanggan. Penelitian ini membahas berkaitan dengan analisis sentimen ulasan pembelian produk pada Toko JJ Grosir Hijab di Shopee. Penelitian ini bertujuan agar dapat membantu Toko dalam memahami prespektif pelanggan dengan mengkategorikan ulasan positif dan ulasan negatif. Jumlah data ulasan sebanyak 812 ulasan produk yang dikumpulkan dengan bantuan web scraper. Analisis sentimen dilakukan dengan pelatihan model menggunakan metode pembobotan TF-IDF dan Support Vector Machine. Hasil dari penelitian yang dilakukan menghasilkan akurasi sebesar 93%. Hal ini menunjukkan model bekerja dengan baik dalam menglasifikasikan ulasan. Informasi yang didapatkan dari hasil analisis dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan kualitas produk.

Kata Kunci: Analisis Sentimen, Marketplace Shopee, Ulasan Produk, TF-IDF, SVM.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 41 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 32 times

DOI: 10.58486/jsr.v8i2.426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.