SISTEM INFORMASI HASIL PEMERIKSAAN LABORATORIUM PATOLOGI ANATOMI PADA RS. PERMATA HATI

Erliza Yubarda(1), Mira Ros Yanti(2),


(1) AMIK Mitra Gama
(2) 
Corresponding Author

Abstract


Sistem pemeriksaan pasien Patologi Anatomi Rumah Sakit Permata Hati dalam penginputan data sudah terkomputerisasi menggunakan Aplikasi Microsoft Excel. Namun karna masih kurangnya kemampuan untuk mengoptimalkan aplikasi tersebut diantaranya menyebabkan adanya kendala yang sering dihadapi seperti lamanya waktu yang dibutuhkan untuk proses input hasil pemeriksaan pasien Patologi Anatomi, input data pasien yang berulang serta staf laboratorium yang sering mengalami kesulitan pada saat pencarian data maupun pada saat menyusun berkas data hasil pemeriksaan pasien Patologi Anatomi saat menggunakan sistem yang berjalan. Penelitian ini dilakukan untuk membangun aplikasi dalam pengolahan data hasil pemeriksaan Patologi Anatomi dimana bidang ini sangat membantu dalam menegakkan diagnosis (termasuk stadium) dan penentuan pengobatan yang tepat bagi kanker yang diderita oleh pasien. Diharapkan penelitian ini bisa menghasilkan hasil yang optimal dalam pengolahan data pasien yang dapat mempercepat waktu input dan menghasilkan output lebih akurat yang sebelumnya membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengolahannya. Adanya sistem ini dapat dapat memudahkan staf laboratorium dalam melakukan pengolahan dan pencarian data lebih cepat sehingga menghasilkan informasi hasil pemeriksaan pasien lebih akurat.
Kata Kunci : Sistem Informasi, Patologi Anatomi, Visual Basic.NET, Microsoft Access

References


Fitri Irawan Rahmawandani, I Made Kardena, I. K. B. (2014) ‘Gambaran Patologi Kasus Kolibasilosis pada Babi Landrace’, Indonesia Medicus Veterinus, 3(4), pp. 300–309.

Sophian, S. (2016) ‘Sistem Informasi Pengolahan Data Pada Koperasi Rezeky’, Teknologi Informasi & Pendidikan, 9(1), pp. 48–55.

Agung Koes I, R. R. (2014) ‘Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Spbu dan Upah Karyawan’, Jurnal Ilmiah Go Infotech, 20(2), pp. 36–42.

Ruslan (2014) ‘Aplikasi Pengolahan DataKaryawan Dengan Pendekatan Microsoft Visual Basic’, SIGMATA, 2(1), pp. 30– 38.

Riksandriyo (2013) ‘Aplikasi Sistem Pengolahan Data Penjualan Dan Profit Pada Traffix Distro Pacitan’, ndonesian Jurnal on Computer Science - Speed – IJCSS, 10(4), pp. 24–33.

Eko Amri Jaya (2016) ‘Perancangan Sistem Informasi Persediaan Stock Parfum Dengan Menggunakan Bahasa Pemograman Visual Basic.Net Dan Database Access Pada Toko Gofha Perfume’, Sains dan Teknologi, 16(1), pp. 183–187.

Ir.Zefriyenni, M.B.S. (2015) ‘Sistem Informasi Penjualan dan Pengendalian Persediaan Barang Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Menggunakan Bahasa Pemrograman Java dan Database MYSQL Pada Toko Kansa Elpiji’, Jurnal KomTekInfo Fakultas Ilmu Komputer, 2(2), pp. 23–32.

Eko Putra Membara, Liza Yulianti, I. K. (2014) ‘Sistem Informasi Akademik Smp Negeri 2 Talang Empat Berbasis Web’, Media Infotama, 10(1), pp. 72–80.

Nuri David Maria Veronika, Y. D. (2015) ‘Rancang Bangun Aplikasi Tes Toefl Menggunakan Algoritma Quick Sort Berbasis Komputer’, Jurnal Pseudocode, 2(2), pp. 89–97

Dwi Puspitasari, Cahya Rahmad, M. A. (2016) ‘Normalisasi Tabel Pada Basisdata Relasional’, Prosiding SENTIA, 8, pp. 340–345.

Agung Wahana, A. R. R. (2014) ‘Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Report Penjualan’, Jurnal Computech & Bisnis, 8(1), pp. 25–34.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 1220 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 528 times

DOI: 10.58486/jsr.v3i1.44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.