Metode Decision Trees untuk Evaluasi dan Supervisi Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Kejuruan

Fitri Jalal(1), Ernawati Ernawati(2), Jonni  Mardizal(3),


(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
Corresponding Author

Abstract


Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi hasil pendidikan di lembaga pendidikan teknologi dan kejuruan yang berada di wilayah Sumatera. Faktor-faktor yang diteliti mencakup Fasilitas Pendidikan, Kurikulum, Kualifikasi Guru, Dukungan Pemerintah, dan keterlibatan Industri Mitra. Data dikumpulkan melalui metode survei, wawancara, serta pengumpulan data sekunder dari beberapa institusi yang terkait. Analisis data dilakukan dengan memakai pendekatan kuantitatif menggunakan algoritma tertentu untuk memetakan hubungan antara variabel-variabel yang ada.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Fasilitas Pendidikan yang memadai, Kurikulum yang komprehensif, serta Kualifikasi Guru yang unggul memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pencapaian hasil pendidikan yang optimal. Selain itu, Dukungan Pemerintah yang memadai dan keterlibatan Industri Mitra juga terbukti berperan secara substansial dalam peningkatan kualitas pendidikan. Sebaliknya, kekurangan pada faktor-faktor tersebut dihubungkan dengan hasil pendidikan yang rendah. Temuan ini memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kondisi pendidikan teknologi dan kejuruan di wilayah Sumatera serta menawarkan rekomendasi bagi para pemangku kepentingan dalam upaya pengembangan kebijakan pendidikan.

Kata Kunci: pendidikan teknologi dan kejuruan, fasilitas pendidikan, kurikulum, kualifikasi guru, dukungan pemerintah, industri mitra, Sumatera.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 16 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 6 times

DOI: 10.58486/jsr.v9i1.463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.