Metode Decision Trees untuk Evaluasi dan Supervisi Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Kejuruan

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang

Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi hasil pendidikan di lembaga pendidikan teknologi dan kejuruan yang berada di wilayah Sumatera. Faktor-faktor yang diteliti mencakup Fasilitas Pendidikan, Kurikulum, Kualifikasi Guru, Dukungan Pemerintah, dan keterlibatan Industri Mitra. Data dikumpulkan melalui metode survei, wawancara, serta pengumpulan data sekunder dari beberapa institusi yang terkait. Analisis data dilakukan dengan memakai pendekatan kuantitatif menggunakan algoritma tertentu untuk memetakan hubungan antara variabel-variabel yang ada.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Fasilitas Pendidikan yang memadai, Kurikulum yang komprehensif, serta Kualifikasi Guru yang unggul memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pencapaian hasil pendidikan yang optimal. Selain itu, Dukungan Pemerintah yang memadai dan keterlibatan Industri Mitra juga terbukti berperan secara substansial dalam peningkatan kualitas pendidikan. Sebaliknya, kekurangan pada faktor-faktor tersebut dihubungkan dengan hasil pendidikan yang rendah. Temuan ini memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kondisi pendidikan teknologi dan kejuruan di wilayah Sumatera serta menawarkan rekomendasi bagi para pemangku kepentingan dalam upaya pengembangan kebijakan pendidikan.
Kata Kunci: pendidikan teknologi dan kejuruan, fasilitas pendidikan, kurikulum, kualifikasi guru, dukungan pemerintah, industri mitra, Sumatera.
Article Metrics
Abstract View
PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.58486/jsr.v9i1.463
Refbacks
- There are currently no refbacks.