Pengembangan Media Game interaktif berbasis Scratch untuk Meningkatkan Literasi dan Minat Baca Pada Anak

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(5) Universitas Negeri Padang

Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media game interaktif berbasis Scratch sebagai upaya untuk meningkatkan literasi membaca siswa. Dengan meningkatnya tantangan di era digital, penggunaan teknologi dalam pendidikan menjadi sangat penting. Melalui pendekatan Game Edukasi, penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE untuk merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi aplikasi game edukasi. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu meningkatkan minat baca, terlihat dari tingkat keberhasilan siswa yang mencapai 86% dalam menjawab 20 soal latihan. Dengan demikian, game interaktif berbasis Scratch terbukti efektif sebagai media pembelajaran yang inovatif untuk mendukung literasi membaca pada anak.
Article Metrics
Abstract View
PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.58486/jsr.v9i1.474
Refbacks
- There are currently no refbacks.