ANALISIS USER EXPERIENCE APLIKASI OTENTIKASI TASPEN PADA BABY BOOMER DENGAN METODE ENHANCED COGNITIVE WALKTHROUGH

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi

Abstract
Taspen menghadirkan inovasi melalui aplikasi Otentikasi untuk mempermudah pensiunan dalam verifikasi kehadiran tanpa harus datang ke kantor setiap bulan. Namun, generasi baby boomer yang berusia lebih atau sama dengan 58 tahun ke atas menghadapi kesulitan dalam penggunaan aplikasi, terutama terkait user interface dan instruksi yang kurang jelas. Penelitian ini menganalisis user experience aplikasi menggunakan metode Enhanced Cognitive Walkthrough dengan lima responden pengguna baru dan merupakan nasabah PT.Taspen (persero) Cabang Jambi. Metode Enhanced Cognitive Walkthrough merupakan metode evaluasi yang berfokus pada model usability yaitu Learnability. Metode Enhanced Cognitive Walkthrough merupakan metode evaluasi user experience dimana responden diminta untuk mengerjakan tugas berbasis skenario yang telah dipersiapkan oleh peneliti. Hasil analisis mengindikasikan bahwa rata-rata tingkat permasalahan pada setiap matriks analisis berada pada tingkat rendah namun pada tugas yang sangat penting. Permasalahan paling banyak ditemukan yaitu pada task 6 (Ucapkan huruf A) yang juga memiliki nilai permasalahan tertinggi, diikuti oleh task 3 (Kedipkan mata) dan task 1 (Masukkan notas) yang menunjukkan tingkat permasalahan cukup signifikan. Dengan adanya evaluasi usability Otentikasi Taspen didapatkan 3 tampilan rekomendasi perbaikan dan 2 rekomendasi tambahan, dimana rekomendasi perbaikannya yaitu terdapat penambahan halaman petunjuk sebelum memasukkan notas, perbaikan instruksi kedipkan mata, perbaikan instruksi ucapkan huruf A, penambahan riwayat otentikasi pada halaman konfirmasi status otentikasi dan penambahan notifikasi otentikasi. Rekomendasi perbaikan dibuatkan berupa rancangan mockup sistem
References
A. I. P. Nugraheni, N. Pancawati, and N. P. Yuda, “Hambatan Generasi Baby Boomers dalam Mengadopsi Dompet Digital di Indonesia,” J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 22, no. 1, p. 417, 2022, doi: 10.33087/jiubj.v22i1.1162.
Indotelko, “Generasi tua banyak kesulitan hadapi tantangan teknologi,” 2019, [Online]. Available: https://www.indotelko.com/read/1560395506/generasi-tua
C. A. Nathania, S. Arta, J. B. P. Maufa, N. C. Butar Butar, Z. U. Sefia, and E. R. Handoyo, “Analisis User Experience Penggunaan ChatGPT pada Lingkungan Pendidikan Tinggi,” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 307–316, 2023, doi: 10.24002/konstelasi.v3i2.7216.
Rafli Irfan Haikal, Dedy Panji Agustino, and I Made Pasek Pradnyana Wijaya, “Evaluasi User Experience pada Game Genshin Impact menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Persona,” J. Sist. dan Inform., vol. 16, no. 1, pp. 17–25, 2021, doi: 10.30864/jsi.v16i1.385.
F. Resdiyani, I. Aknuranda, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi Aplikasi Faraidh Menggunakan Pengujian Usability,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 5, pp. 2010–2018, 2021, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
K. G. Tileng, “Usability Testing pada aplikasi Zoom dengan menggunakan metode Cognitive Walkthrough,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 2, pp. 805–814, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i2.835.
L. M. Ginting, G. Sianturi, and C. V. Panjaitan, “Perbandingan Metode Evaluasi Usability Antara Heuristic Evaluation dan Cognitive Walkthrough,” J. Manaj. Inform., vol. 11, no. 2, pp. 146–157, 2021, doi: 10.34010/jamika.v11i2.5480.
A. Priyadi, E. Sediyono, and H. D. Purnomo, “Evaluasi Kebergunaan (Usability) dan Rekomendasi Penggunaan Google Classroom untuk Blended Learning di Perguruan Tinggi,” J. Sist. Info. Bisnis, vol. 11, no. 2, pp. 105–116, 2021, doi: 10.21456/vol11iss2pp105-116.
Priyo Raharjo, Wisnu Ananta Kusuma, and Heru Sukoco, “Uji usability dengan metode cognitive walkthrough pada situs web perpustakaan Universitas Mercu Buana Jakarta,” J. Pustak. Indones., vol. 15, no. 1, p. 1, 2016.
M. Yusuf and Y. Astuti, “System Usability Scale (SUS) Untuk Pengujian Usability Pada Pijar Career Center,” Komputika J. Sist. Komput., vol. 9, no. 2, pp. 131–138, 2020, doi: 10.34010/komputika.v9i2.2873.
M. M. Ntona, K. Chalikakis, G. Busico, M. Mastrocicco, K. Kalaitzidou, and N. Kazakis, “Application of Judgmental Sampling Approach for the Monitoring of Groundwater Quality and Quantity Evolution in Mediterranean Catchments,” Water (Switzerland), vol. 15, no. 22, 2023, doi: 10.3390/w15224018.
L. O. Bligård and A. L. Osvalder, “Enhanced cognitive walkthrough: Development of the cognitive walkthrough method to better predict, identify, and present usability problems,” Adv. Human-Computer Interact., vol. 2013, 2013, doi: 10.1155/2013/931698.
Article Metrics
Abstract View
PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.58486/jsr.v9i1.483
Refbacks
- There are currently no refbacks.