SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN (SPK) DALAM PENJUALAN KOMPUTER PADA CV. RADIAN GRUP DENGAN MENERAPKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA

Denok Wulandari, Willyansah Willyansah

Abstract


Dalam menilai kelayakan konsumen dibutuhkan beberapa aspek pertimbangan yang matang dan akurat. Karena terbatasnya waktu dan terbatasnya kemampuan melihat segala aspek dengan akurat sering menyebabkan terjadinya kesalahan dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu, diperlukan SPK (Sistem Penunjang Keputusan) penentuan kelayakan konsumen dalam mendapatkan kredit dengan memperhatikan kriteria-kriteria aspek yang ada. Dengan metode analisis dan perancangan Analytical Hierarchy Process (AHP) dapat dilakukan penilaian tingkat prioritas dari variabel-variabel yang diinginkan dengan membuat hirarki dari semua variabel yang ada. Dengan membandingkan antara tiap-tiap kriteria dan diintegrasikan dengan penilaian kategori yang dibutuhkan, akan menghasilkan sebuah keputusan untuk menentukan kelayakan konsumen dalam mendapatkan kredit dari kategori yang telah ditentukan. Diimplementasikan dalam sistem pendukung keputusan penentuan kelayakan konsumen dalam mendapatkan kredit pada CV Radiant Group. Dengan sistem pendukung keputusan yang dirancang ini diharapkan pihak perusahaan CV Radiant Group dapat mengambil keputusan dalam penentuan kelayakan konsumen mendapatkan kredit kompoter dengan melihat kriteria para konsumen.

References


Kusrini, M. Kom. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. STMIK AMIKOM Yogyakarta: Andi.

Kadarsah, Suryadi dan M. Ali Ramdhani. 2000. Sistem Pendukung Keputusan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Turban, E., Aronson, J.e., Liang, T., Sharda, R. 2007. : “Decission Support and Business Intelligence Systems”. Eight Edition. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Pentice Hall.

Elvi. 2008. “ Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Untuk Pemilihan Karyawan Berprestasi Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)”. Skripsi. Padang: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Putra Indonesia ”YPTK”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.