PENGARUH PENGGUNAAN MICROSOFT FORM SURVEI BERBASIS MICROSOFT 365 TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR DARING STATISTIKA MAHASISWA MANAJEMEN KOMPUTER AMIK MITRA GAMA RIAU

Novidawaty Tambunan

Abstract


Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring berbantuan Microsoft Form Survei berbasis Microsoft Office 365 terhadap minat belajar statistika peserta didik dan mengetahui pengaruh pembelajaran daring berbantuan microsoft forms survei berbasis Microsoft Office 365 terhadap hasil belajar kognitif statistika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain eksperimen one group pretest posttest. Sampel penelitian ini adalah peserta didik mahasiswa semester 2 Manajemen 1 yang berjumlah 33 orang yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif dan angket minat belajar peserta didik. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran daring berbantuan microsoft forms survei terhadap minat belajar peserta didik dengan nilai sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,0063 < 0,05) dan ada pengaruh pembelajaran daring berbantuan microsoft forms survei terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05).

Kata kunci: Pembelajaran Daring; Microsoft Forms Survei; Hasil Belajar Kognitif; Minat Belajar

References


Daftar Pustaka

Simarmata dkk, Pengantar Teknologi Pendidikan - Ana Widyastuti, Arin Tentrem Mawati, Ika Yuniwati, Janner Simarmata, Andrew Fernando Pakpahan, Dewa Putu Yudhi Ardiana, Dyah Ganda. Yayasan Kita Menulis, 2020, 2020.

E. Kuntarto, “Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi,” J. Indones. Lang. Educ. Lit., vol. 3, no. 1, pp. 53–65, 2017, [Online]. Available: http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/%0APEMBELAJARAN.

M. Sway and M. Interaktif, “Pemanfaatan Microsoft Sway Dan Microsoft Form,” Bihari Pendidik. Sej. dan Ilmu Sej., vol. 3, no. 2, pp. 66–74, 2020.

M. Numan, “Pengembangan Bahan Ajar Statistika Penelitian Pendidikan Matematika,” J. Mercumatika J. Penelit. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, p. 114, 2019, doi: 10.26486/jm.v3i2.762.

H. Patmawati and S. Santika, “Penggunaan Software Microsoft Excel sebagai Alternatif Pengolahan Data Statistika Penelitian Mahasiswa Tingkat Akhir,” Semin. Nas. Mat. x, p. 125, 2016.

T. D. Hastjarjo, “Rancangan Eksperimen-Kuasi,” Bul. Psikol., vol. 27, no. 2, p. 187, 2019, doi: 10.22146/buletinpsikologi.38619.

D. Jamaluddin, T. Ratnasih, H. Gunawan, and E. Paujiah, “Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi,” Karya Tulis Ilm. UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, pp. 1–10, 2020, [Online]. Available: http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/.

Z. Abidin, “Belajar Matematika di Era Covid-19,” vol. 1, no. 4, pp. 1–2, 2020, doi: 10.31219/osf.io/nrbu7.

G. Amirullah, “Pelatihan Pengembangan Kelas Digital Berbasis Microsoft 365 Di Sekolah Muhammadiyah Dki Jakarta,” vol. 1, no. 3, pp. 223–227, 2020.

R. Pratiwi, H. Hikmawati, and I. W. Gunada, “Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA,” Jndonesian J. Educ. Res. Rev., vol. 2, no. 2, pp. 229–239, 2019, doi: 10.29303/jpft.v5i2.1207.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.