PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DARING MAHASISWA MANAJEMEN KOMPUTER AMIK MITRA GAMA RIAU
(1) AMIK Mitra Gama
(2) 
Corresponding Author
Abstract
Ditengah situasi pandemi yang masih membutuhkan metode pembelajarang daring, pengembangan media pembelajaran yang menarik dan efektif sangat dibutuhkan. khususnya bagi para pengajar dalam bidang matematika, kreatifitas dosen dalam mengaplikasikan media belajar virtual ke dalam pembelajaran ilmu matematika sangat menentukan keberhasilan pencapaian hasil belajar dari mahasiswa. Salah satu pengembangan media pembelajaran matematika berbasis komputer yaitu media pembelajaran dengan berbasis Macromedia Flash. Macromedia Flash adalah media pembelajaran yang telah ada selama ini namun masih jarang digunakan secara aktif dalam proses belajar mengajar. Hal tersebut kemudian mendorong untuk dilakukannya penelitian ini dalam bentuk pengembangan media baru berbasis Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam 4D yaitu Defines, Design, Develop dan Disseminate. Penelitian menggunakan 60 subjek penelitian yang berasal dari kelas 1PMI 1 dan 1 MMI 1 AMIK Mitra Gama Duri. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi media, lembar validasi materi, lembar respon mahasiswa, dan angket motivasi. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid dan dapat meningkatkan motivasi belajar matematika mahasiswa pada materi yang luas dan menyeluruh.
Â
Kata kunci: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar , Matriks, Macromedia Flash
Â
References
Daftar Pustaka
G. Hamdu and L. Agustina, “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar,†Penelit. Pendidik., vol. 12, no. 1, pp. 90–96, 2011.
K. W. Wardani and D. Setyadi, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,†Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 10, no. 1, pp. 73–84, 2020, doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84.
Abidin, J. Marzal, and Rohati, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ANDROID MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP/MTS Skripsi,†2014.
Y. Susanti, D. Friansah, and A. Elly S, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash Pada Materi Spldv,†Indiktika J. Inov. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 1, p. 60, 2020, doi: 10.31851/indiktika.v3i1.4941.
H. Hodiyanto, Y. Darma, and S. R. S. Putra, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,†Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 2, pp. 323–334, 2020, doi: 10.31980/mosharafa.v9i2.652.
T. A. Putra, “Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Trigonometri,†Adv. Opt. Mater., vol. 10, no. 1, pp. 1–9, 2018, [Online]. Available: https://doi.org/10.1103/PhysRevB.101.089902%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.nantod.2015.04.009%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-018-05514-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-019-13856-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41467-020-14365-2%0Ahttp://dx.doi.org/1.
A. Pujadi, “Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa : Studi Kasus pada Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia,†2007.
H. Masni, “Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa,†Dikdaya, vol. 5, no. 1, pp. 34–45, 2015.
E. K. Sinaga, Z. Matondang, Suhairiani, and S. Z. Yuzni, “Efektifitas penggunaan lembar kerja mahasiswa berbasis penemuan terbimbing pada materi matriks mahasiswa program studi pendidikan teknik bangunan studi,†J. Pendidik. Tek. Bangunan dan SIpil, vol. 5, no. 2, pp. 82–86, 2019.
I. Nursuprianah, “Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Memahami Mata Kuliah Aljabar Matriks,†vol. I No. 2, no. 1, 2013.
R. Masykur, N. Nofrizal, and M. Syazali, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash,†Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 2, p. 177, 2017, doi: 10.24042/ajpm.v8i2.2014.
Thiagarajan, “Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook,†J. Sch. Psychol., vol. 14, no. 1, p. 75, 1976, doi: 10.1016/0022-4405(76)90066-2.
Article Metrics
Abstract View : 253 timesPDF (Bahasa Indonesia) Download : 62 times
DOI: 10.58486/jsr.v5i2.97
Refbacks
- There are currently no refbacks.