TEKNOLOGI INFORMASI : SARANA PENGAWASAN IBADAH SISWA

Sarwo Derta(1), Hari Antoni Musril(2), Candra Surya(3),


(1) IAIN Bukittinggi
(2) IAIN BUkittinggi
(3) AMIK Mitra Gama
Corresponding Author

Abstract


Ibadah merupakan kegiatan rutinitas yang mesti dilakukan individu. Apapun profesi yang diembannya, kegiatan ini tidak boleh ditinggalkan. Siswa sekolah dalam wadah pendidikan di sekolah diwajibkan untuk melaporkan aktifitas ibadahnya kepada guru PAI, dan guru PAI pun tetap melakukan pengawasan aktifitas ibadah ini Sistem pengawasan yang masih tradisional dan manual dengan jumlah siswa yang banyak menjadikan hal ini suatu beban berat bagi guru dan sekolah. Penggunaan teknologi informasi yang kurang optimal menjadi motivasi utama dalam pembuatan sistem baru untuk melakukan pengawasan ibadah siswa di sekolah ini. Dengan teknologi informasi, ibadah yang diawasi tidak hanya yang biasa dilakukan ketika di sekolah saja, tetapi juga menjangkau ibadah di luar sekolah. Dengan menggunakan model pengembangan sistem waterfall versi Pressman, dihasilkan produk sistem yang dapat mengawasi aktifitas peribadahan siswa ini. Teknologi informasi sebagai sarana pengawasan ibadah siswa menjadikan kepraktisan dan keefektifan bagi pihak sekolah maupun siswa dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas peribadahan.


References


A. Rozi, R. Saputra, and Rahmi, “Peningkatan Pengamalan Ibadah Shalat Siswa Melalui Kerjasama Guru dengan Orang Tua Wali di SMP Negeri 2 Talamau,†J. Kaji. dan Pengemb. …, vol. 3, no. 2, pp. 1–11, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umsb.ac.id/index.php/ummatanwasathan/article/view/

A. Kosasih, “Upaya Penerapan Nilai-Nilai Adat Dan Syarak

Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Nagari,†Humanus, vol.

, no. 2, p. 107, 2014, doi: 10.24036/jh.v12i2.4030.

K. Ilahi, J. Rabain, and S. Sarifandi, “DARI ISLAM KE KRISTEN Konversi Agama pada Masyarakat Suku Minangkabau,†Madania J. Ilmu-Ilmu Keislam., vol. 8, no. 2, p.

, 2019, doi: 10.24014/jiik.v8i2.5728.

E. S. dan N. Rosyid, “Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Simulasi,†J. Teknol. Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 116–125, 2015, [Online]. Available: https://jurnal.ikipmataram.ac.id/index.php/jtp/article/view/3080/21

I. F. Mursal, “Surau dan Sekolah: Dualisme Pendidikan di

Bukitinggi 1901-1942,†Titian J. Ilmu Hum., vol. 2, no. 1, pp.

–115, 2018.

D. P. Salim and L. Kryati, “Politik Pendidikan Agama Dan

Perubahan Prilaku Di Sumatera Barat,†El-Hekam, vol. 2, no. 1, p.

, 2018, doi: 10.31958/jeh.v2i1.825.

M. R. Alim and I. N. N. Puspitasari, “Cis-Makoba: Inovasi Self Monitoring Catatan Ibadah Siswa Berbasis Web,†Proceeding …, pp. 274–285, 2021, [Online]. Available: http://conferences.uin- malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1257.

N. N. Pujaningsih and I. G. A. A. D. Sucitawathi, “Penerapan Kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) dalam Penanggulangan Wabah Covid-19 di Kota Denpasar,†Moderat, vol. 6, no. 3, pp. 458–470, 2020.

A. M. Fanny, “Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pendidikan Dasar: ‘Tinjauan Kritis dan Implikasinya,’†Didakt. J. Pendidik. dan Ilmu Pengetah., vol. 20, no. 1, pp. 66–73, 2020, doi:

30651/didaktis.v20i1.4464.

Y. Marryono Jamun, “Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan,â€

no. 10, pp. 48–52, 1996.

Jogiyanto, Sistem Teknologi Informasi, II. Yogyakarta: Andi

Publisher, 2005.

L. F. Nur’aiini and B. S. Arifin, “Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi,†Ascarya J. Islam. Sci. Cult. Soc. Stud., vol. 1, no. 2, pp. 32–45, 2021, doi: 10.53754/iscs.v1i2.10.

Zulkifli, “Fiqih Dan Prinsip Ibadah Dalam Islam,†Asdasd, vol. asdasd, p. asdasd, 2004.

P. Setiawan, Sulistiowati, and J. Lemantara, “Rancang Bangun Aplikasi Pengolahan Data Evaluasi Proses Belajar Mengajar Berbasis Web Pada Stikes Yayasan RS. Dr. Soetomo Surabaya,†Jsika, vol. 4, no. 2, p. 2, 2015.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 219 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 99 times

DOI: 10.58486/jsr.v5i2.107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.