PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY DENAH LOKASI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN

Jodi Hendrawan(1), Ika Devi Perwitasari(2), Fatima Felawati(3),


(1) universitas pembangunan panca budi
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Augmented Reality merupakan Teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan  yang seolah- olah menjadi nyata, bersatu dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini akan memasukkan Augmented reality kedalam sistem aplikasi Denah Lokasi, sehingga Denah Lokasi dapat lebih di pahami dalam pengenalan  lingkungan Universitas Pembangunan Panca Budi. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berjalan pada platform mobile android dengan alat bantu pemodelan UML (Unified Modelling Language) yang terstruktur dalam pemodelan sistem. Dimana aplikasi AR ini membutuhkan kamera smartphone sebagai masukan, kemudian aplikasi ini akan melacak mendeteksi marker (Penanda) menggunakan sistem tracking, setelah marker terdeteksi maka akan muncul denah lokasi universitas pembangunan panca budi dan gedung- gedung secara personal di atas marker yang seolah-olah terlihat nyata dan persis seperti di lingkungan sekitar.dengan adanya aplikasi denah lokasi  AR ini dapat mudah memahami lingkungan Universitas Pembangunan Panca Budi.


References


TM. Zaini, Ossy D.E.W., Boby Bahri . PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Informatika, Vol. 13, No.1, Desember 2013.

Azuma, R. (1997). A Survey of Augmented Reality. Presence: Teleoperators and Virtual Environments. 6(4):355-385.

Perwitasari, Ika Devi. "Teknik Marker Based Tracking Augmented Reality untuk Visualisasi Anatomi Organ Tubuh Manusia Berbasis Android." INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science 1.1 (2018): 8-18.

M. Siregar, “Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Mobile untuk Navigasi ke Alamat Pelanggan TV Berbayar( Studi Kasus : Indovision Cabang Pekanbaru ),†J. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 82–94, 2016

M. Irsan, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Notifikasi Berbasis Android untk Mendukung Kinerja di Instansi Pemerintahan,†J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 115–120, 2015.

Bagus Made I. M, 2016 Implementasi augmented reality menggunakan unitiy 3d dan vuporia SDK. Jurnal Ilmu Komputer Vol.IX, No. 1, Universitas Udayana April 2016, hlm.1-5.

Rahman, Abdur. et al, 2014, Rancang Bangun Aplikasi Informasi Universitas Bengkulu Sebagai Panduan Pengenalan Kampus Menggunakan Metode Markerless Augmented Reality Berbasis Android, Jurnal Rekursif, 2, 2, 2303-0755.

Ichwan, M. et al. (2013). “Pembangunan Prototipe Sistem Pengendalian Peralatan Listrik Pada Platform Android†Jurnal Informatika. Vol. 4. No. 1. 13-25.

Andi, J. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8.

Vivin sonata, vina winda sari, 2019. Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer.Jurnal Komunika Vol. 8 No. 1/Juni 2019 hal:22-31

Rossa dan M. Salahuddin. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 225 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 32 times

DOI: 10.58486/jsr.v6i1.122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.