MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS MIKROKONTROLER MICRO:BIT
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
Corresponding Author
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan menciptakan teknologi baru yang membantu peningkatan zaman. Dalam era globalisasi, teknologi digital sudah digunakan dalam pendidikan sebagai sarana pembelajaran. Kurikulum pendidikan harus mengikuti perkembangan teknologi. Profil pelajar Pancasila mencakup enam dimensi (keimanan, mandiri, bergotong-royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif). Standar Kompetensi Lulusan berfokus pada pembentukan karakter sesuai Pancasila. Adanya penelitian tentang pengembangan profil pelajar Pancasila melalui kegiatan belajar berbasis proyek. Prinsip pembelajaran modern adalah STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematics) yang saling kolaboratif. Pembelajaran STEM menekankan pengembangan rencana pembelajaran berdasarkan proyek dan fokus pada pengembangan program komputer. Hasil penelitian yaitu menunjukkan bahwa siswa menganggap Micro:bit mempermudah belajar pemrograman dan memperkenalkan mindset digital making serta dapat membuat teknologi terbarukan yang dapat membentuk kreativitas dan mandiri sesuai profil pelajar Pancasila.
References
R. Satria, P. Adiprima, K. S. Wulan, and T. Y. Harjatanaya, “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” Pandu. Pengemb. Proj. Penguatan Profil Pelajar Pancasila, p. 137, 2022.
T. Naibaho, “Penguatan Literasi Dan Numerasi untuk Mendukung Profil Pelajar Pancasila sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika,” Sepren, no. October, pp. 111–117, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/841.
A. Safitri, D. Wulandari, and Y. T. Herlambang, “Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7076–7086, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3274.
M. Y. Simarmata, M. P. Yatty, and N. S. Fadhillah, “Analisis Keterampilan Berbicara Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Negeri 1 Kuala Mandor B,” VOX EDUKASI J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 13, no. 1, pp. 47–59, 2022, doi: 10.31932/ve.v13i1.1564.
A. Aziz, A. W. Purnama, and F. N. Hanifah, “Profil Keterampilan dalam Critical Thnking Siswa Di Sman 3 Rangkasbitung pada Pembelajaran Biologi Kelas X untuk Menunjang Profil Belajar Pancasila,” Edudikara J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 7, no. June, pp. 77–84, 2022.
J. Pech and M. Novak, “Use Arduino and Micro:bit as Teaching Platform for the Education Programming and Electronics on the STEM Basis,” 2020 5th Int. Conf. Inf. Technol. Eng. Educ. Inforino 2020 - Proc., pp. 20–23, 2020, doi: 10.1109/Inforino48376.2020.9111798.
Wijokongko, “STEM Learning in Queensland Australia,” J. Ideguru, vol. 4, no. 1, p. 101, 2009.
U. N. Rohmah, Y. Zakaria Ansori, and D. S. Nahdi, “Pendekatan Pembelajaran Stem Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar,” Pendekatan Pembelajaran Stem Dalam Meningkat. Kemamp. Literasi Sains Siswa Sekol. Dasar, vol. 5, no. 3, pp. 152–162, 2018, [Online]. Available: google schoolar.
N. Izzati, L. R. Tambunan, S. Susanti, and N. A. R. Siregar, “Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0,” J. Anugerah, vol. 1, no. 2, pp. 83–89, 2019, doi: 10.31629/anugerah.v1i2.1776.
P. Srisangngam and C. Dechsura, “STEM education activities development to promote computational thinking’s students,” 2020 5th Int. STEM Educ. Conf. iSTEM-Ed 2020, pp. 103–105, 2020, doi: 10.1109/iSTEM-Ed50324.2020.9332734.
Article Metrics
Abstract View : 225 timesPDF (Bahasa Indonesia) Download : 118 times PDF (Bahasa Indonesia) Download : 137 times
DOI: 10.58486/jsr.v7i1.204
Refbacks
- There are currently no refbacks.