SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN SKALA PRIORITAS PEMBAYARAN PDAM MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

Sofy Nabillah(1), Muhammad Hatta(2), Mesi Febima(3),


(1) Universitas Catur Insan Cendekia
(2) Universitas Catur Insan Cendekia
(3) Universitas Catur Insan Cendekia
Corresponding Author

Abstract


PDAM merupakan instalasi instansi yang dibentuk oleh pemerintah dan bertugas menyediakan jasa penyaluran air bersih kepada masyarakat. PT Purimega Saranaland adalah PT yang bergerak dibidang Developer perumahan, disamping itu PT Purimega Saranaland ini juga bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kota Cirebon dalam menyediakan pelayanan untuk penghubung antara masyarakat dengan PDAM untuk menyediakan air. Permasalahan yang terjadi pada PT Purimega Saranaland adalah pembayaran PDAM yang dilakukan masyarakat sering terjadi penunggakan sehingga PT Purimega Saranaland mengalami kesusahan untuk menentukan pelanggan mana yang harus dilakukan pencabutan meteran. Sistem Pendukung Keputusan mengembangkan sistem yang dapat menentukan skala prioritas pembayaran pelanggan PDAM menggunakan metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution). Metode TOPSIS ini digunakan karena kemampuannya dalam mengidentifikasi alternatif terbaik untuk dapat menentukan skala prioritas. Dalam sistem ini, beberapa kriteria digunakan untuk menilai skala prioritas pembayaran pelanggan, yaitu : Status, Lama Tunggakan, Riwayat Pembayaran dan Jumlah Pemakaian Air. Tujuannya dibuat menggunakan metode TOPSIS untuk menghasilkan skala prioritas yang dapat digunakan oleh PDAM dalam pengambilan keputusan agar mempermudah Developer untuk menentukan prioritas mana yang harus dilakukan Pencabutan Meteran. Hasil ini menunjukkan bahwa sistem dapat memberikan skala prioritas pembayaran yang tepat dan membantu pihak Developer dalam menentukan tindakan yang tepat terhadap pelanggan yang memiliki tingkat prioritas pembayaran tinggi, agar dapat dilakukan sistem Pencabutan Meteran.


References


Zainal Arifin, 2020, Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Untuk Menentukan Sisa Hasil Usaha Pada Koperasi Pegawai Negeri. Jurnal Informatika Mulawarman. Vol. 5, no 2

J. Sutrisno and V. Karnadi, “APLIKASI PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA LAGU BERBASIS ANDROID,” JURNAL COMASIE, vol. 04, no. 06, 2021.

S. Sonny and S. N. Rizki, “PENGEMBANGAN SISTEM PRESENSI KARYAWAN DENGAN TEKNOLOGI GPS BERBASIS WEB PADA PT BPR DANA MAKMUR BATAM,” 2021.

V. S. Gunawan and J. Kurniawan, “PENERAPAN METODE TOPSIS DALAM MENENTUKAN KUALITAS GAMBIR APPLICATION OF THE TOPSIS METHOD IN DETERMINING IMAGE QUALITY,” Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), vol. 6, no. 1, 2023.

B. Firmansyah and A. Mulyana Wihandar, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MONITORING & EVALUASI KINERJA DOSEN PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER IBI KOSGORO 1957 MENGGUNAKAN METODE ANALYTHIC HIERARCHY PROCESS (AHP) 1),” 2020.

J Parhusip. (2019). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process ( AHP) Pada Desain Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Penerima Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT ) Di Kota Palangka Raya. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI Vol 13. No. 2, 18-29.

Hutahaean, J., & Badaruddin, M. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah SMK Swasta Penerima Dana Bantuan Menerapkan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Informatika Jurnal Budidarma, 4(2), Media 466.

Gunawan, W., & Firmansyah, M. R. (2020). Monitoring dan Karyawan Evaluasi menggunakan Kinerja Algoritma Simple Additive Weighting dan Hungarian. ILKOM Jurnal Ilmiah, 12(2), 87–95.

Ridho, Ali, Nur Rosyid, Afrida Helen, Tri Harsono, Arna Fariza, Penggunaan Metode Analytical Hierarchy Process Untuk Multi Kriteria Sebagai Basis Pengembangan Algoritma Djikstra Dalam Penentuan Jalur Terpendek. PENS-ITS.

Alamsyah, N. (2020). SISTEM INFORMASI REKRUTMEN KARYAWAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ALGORITMA SAW ( SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING ) informasi umum seputar perusahaan Pengelolaan Sumber Daya Manusia seperti visi misi , sejarah dan kegiatan ( SDM ) merupakan hal yang penting dalam pe. Nuansa Informatika, 14(2614–5405), 31–38

Somya, R., & Wahyudi, A. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Perekrutan Karyawan Menggunakan Metode TOPSIS di PT Visionet Data Internasional. Jurnal Informatika, 7(2), 107–115.

Susanto, A. B., & Eriana, E. S. (2020). Penerapan Metode Saw Dalam Pemilihan Siswa Berprestasi Pada Smk Bistek Gunung Sindur. Jurnal Teknologi Informasi, 15(1), 36–40.

Linsley, Ray K., Fransini, Joseph B., Djoko Sangsongko,“Teknik Sumber Daya Air” Penerbit Erlangga, Jakarta 19


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 18 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 4 times

DOI: 10.58486/jsr.v8i2.427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.