Mengukur Performa UI/UX Aplikasi Pendakian Gunung Kerinci: Studi Eksperimental Efisiensi, Efektivitas, dan Kepuasaan Pengguna
), Reni Aryani(2), Edi Saputra(3), Opinur Destiana(4),
(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(4) Universitas Jambi
Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi rancangan prototipe aplikasi mobile e-ticket pendakian Gunung Kerinci pada aspek usability dengan menggunakan metode usability testing, yaitu teknik Performance Measurement, Retrospective Thinking Aloud (RTA), dan kuesioner System Usability Scale (SUS), serta memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil evaluasi usability yang dilakukan. Aspek usability yang diuji meliputi efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Penelitian ini melibatkan 12 responden yang terdiri dari 6 orang pendaki yang pernah membeli tiket pendakian Gunung Kerinci dan 6 orang pendaki yang belum pernah membeli tiket. Pengumpulan data dilakukan secara online dan offline dengan menggunakan tools Maze untuk Performance Measurement, wawancara langsung untuk RTA, dan Google Form untuk kuesioner SUS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi telah memenuhi kriteria efektivitas dengan tingkat keberhasilan tugas sebesar 99,6%, efisiensi dengan rata-rata waktu penyelesaian tugas 15 detik dan nilai ORE sebesar 99,5%, serta kepuasan pengguna yang tinggi berdasarkan nilai SUS sebesar 89 (kategori Excellent). Saran perbaikan dari penelitian ini antara lain pada halaman Ubah Bahasa, kalender kuota, laporan pendaki, dan kartu tiket di halaman beranda. Temuan ini penting sebagai dasar perbaikan desain sebelum tahap implementasi penuh, untuk memastikan aplikasi dapat memberikan pengalaman pengguna yang optimal.
Article Metrics
Abstract View
: 8 timesPDF (Bahasa Indonesia)
Download : 1 times
DOI: 10.58486/jsr.v9i2.519
Refbacks
- There are currently no refbacks.






